Bank BJB Komitmen Kenalkan Angklung hingga Mendunia

Sabtu, 27 Januari 2018 - 17:03 WIB
Bank BJB Komitmen Kenalkan Angklung hingga Mendunia
Bank BJB Komitmen Kenalkan Angklung hingga Mendunia
A A A
SIDNEY - Bank Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) berkomitmen terus berperan aktif mengenalkan kesenian khas Jabar, yakni angklung, mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Terlebih, angklung telah menjadi warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

"Setiap event (angklung) keliling daerah atau keluar negeri, kami selalu memberikan dukungan. Kita juga telah mengirimkan seperangkat angklung dan gamelan Sunda ke kedutaan-kedutaan besar maupun perkumpulan masyarakat Sunda," kata Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan saat mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam lawatan kerjanya di Sidney, Australia, Sabtu (27/1/2018).

Dalam kesempatan itu, Irfan dan istri sempat mendampingi Gubernur Jabar bermain angklung di panggung terbuka, Martin Place, Sidney. Irfan yakin, lewat pendekatan budaya akan terbangun kedekatan hubungan, termasuk hubungan antarnegara. Jika relationship tersebut telah terbangun, Irfan pun yakin bisnis akan muncul dengan sendirinya.

"Pendekatan lebih fair dan lebih enak itu kan lewat pendekatan budaya karena ada kesamaan untuk menjaga budaya itu. Kami sudah (kirim seperangkat angklung dan gamelan Sunda) ke Jeddah, London, Rusia, dan lainnya. Selanjutnya, kami akan menyelaraskan dengan program Pemprov Jabar," sebutnya.

Irfan menambahkan, Bank BJB mengalokasikan sekitar 5% dari laba perusahaan setiap tahunnya untuk mendukung pembangunan di bidang lingkungan, kesehatan, dan pendidikan. Dari dana corporate social responsibility (CSR) itu pula, kata Irfan, bank bjb mengalokasikan anggaran untuk pengembangan kesenian angklung. "Pemprov Jabar sendiri merupakan pemegang 38% saham Bank BJB. Sebanyak 5% kita kembalikan kepada masyarakat," jelas Irfan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5436 seconds (0.1#10.140)