Gus Ipul-Puti Akan Kembangkan Desa Cerdas

Jum'at, 26 Januari 2018 - 13:57 WIB
Gus Ipul-Puti Akan Kembangkan...
Gus Ipul-Puti Akan Kembangkan Desa Cerdas
A A A
SURABAYA - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf akan mengembangkan desa cerdas sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, pelayanan akan jauh lebih efisien dan dekat dengan masyarakat.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) sebenarnya memiliki Pusat Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T). Ada 288 perizinan dari bergaia dinas saat ini sudah dipusatkan di satu kantor. Bahkan untuk pengurusan berbagai izin bisa dilakukan secara online.

"Kalau bisa nanti perizinan bisa dilakukan di Desa. Memang kewenangannya tetap di Gubernur, tapi proses pelayanannya bisa di desa. Itulah namanya desa cerdas," kata Gus Ipul, Jumat (26/1/2018).

Selain menciptakan desa cerdas, pendidikan juga harus ditingkatkan khususnya pendidikan vokasional dengan menitikberatkan pada keterampilan. Pendidikan vokasional di Jatim saat ini sudah jalan, namun perlu ditingkatkan lagi.

"Karenannya Saya dan Mbak Puti ini mengambil tema Perubahan Berkelanjutan. Berkelanjutan ini saya karena sudah dua periode mendampingi Pakde Karwo (Gubernur), sedangkan perubahan ini mewakili Mbak Puti," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4890 seconds (0.1#10.140)