Hoax, Foto Jalan Terbelah dan Video Truk Bukan Karena Gempa

Selasa, 23 Januari 2018 - 16:13 WIB
Hoax, Foto Jalan Terbelah dan Video Truk Bukan Karena Gempa
Hoax, Foto Jalan Terbelah dan Video Truk Bukan Karena Gempa
A A A
SERANG - Viralnya video truk bergoyang di atas kapal dan terbelahnya jalan raya di media sosial dipastikan bukan karena gempa 6,1 skala richter yang berpusat di Kabupaten Lebak, Banten.

Video dengam teriakan seorang ibu melihat truk terombang-ambing di atas kapal motor penumpang dipastikan diambil pada saat badai dahlia yang terjadi beberapa bulan yang lalu di Pelabuhan Merak.

Sementara foto jalan rusak yang viral dan beredar luas di WhatsApp terjadi di jalan Yogjakarta-Wonosari tepatnya di Desa Putat, Kecamatan Patuk. Dan bisa dipastikan bukan karena guncangan gempa bumi yang terjadi siang tadi.

Foto itu pun sempat diunggah oleh akun twitter rrijogjanewsroom @newsrrijogja Senin 22 Januari 2018 lalu.

"Untuk foto masjid runtuh dan jalan terbelah yang beredar masih kita telusuri," ujar Kepala BPBD Lebak Kaprawi, Selasa (23/1/2018).

Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lebak, Banten. Bahkan gempa terasa hingga ibu kota Jakarta. Gempa tersebut tak menimbulkan gelombang tsunami.

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada titik koordinat 7.21 Lintang Selatan dan 105.91 Bujur Timur. Gempa terjadi pukul 13.35 WIB.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa berada di laut 81 kilometer Barat Daya Lebak. Getaran gempa juga dirasakan hingga Jakarta dan Bogor.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1410 seconds (0.1#10.140)