Cari Bibit untuk Sekolah Taruna di Solo, TNI AU Datangi Pelosok Kalimantan

Rabu, 17 Januari 2018 - 11:54 WIB
Cari Bibit untuk Sekolah Taruna di Solo, TNI AU Datangi Pelosok Kalimantan
Cari Bibit untuk Sekolah Taruna di Solo, TNI AU Datangi Pelosok Kalimantan
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Untuk mencari bibit unggul menjadi calon siswa Taruna SMA Pradita Dirgantara yang dikelola oleh TNI AU, personel TNI mulai melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) di seluruh Indonesia.

Seperti yang terlihat di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Rabu (17/1/2018). Sejumlah perwira TNI AU dan Ketua Yasarini (ibu-ibu TNI AU) yang diketuai Ade Fitra dari Lanud Iskandar Pangkalan Bun memberikan pengarahan dan sosialisasi di SMPN 1 Arut Selatan.

Selanjutnya sosialisasi juga akan dilaksanakan di SMPN 2, SMPN 7 dan SMPN 11. "Selama ini belum banyak yang tahu kalau TNI AU juga punya sekolah mirip Taruna Nusantara di Magelang. Kita juga punya yakni SMA Pradita Dirgantara di Jalan Cendrawasih, Boyolali, Surakarta, Jawa Tengah," ujar Kadispers Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kapten MS Dana Saputra, usai memberikan sosialiasi ke sejumlah siswa, Rabu (171/2018).

Ie menjelaskan, pada tahun ajaran baru 2018-2021 SMA Pradita Dirgantara menyiapkan kuota sabanyak 150 calon siswa se Indonesia. Untuk Kalteng kuotanya 15 orang (laki dan perempuan).

"Syarat utama nilai mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Inggris harus minimal 80. Siap mengikuti ujian tertulis, tes IQ dan wawancara di Solo. Kemudian pendafataran via online melalui smapraditadirgantara.sch.id. Jika berkas semua lengkap nanti akan dihubungi via email, surat dan telepon dan siap mengikuti tes di Solo," sebutnya.

Ia menambahkan, selama ini minat menjadi seorang perwira TNI AU dibilang minim, oleh karena itu saat ini TNI AU gencar menyosialisasikan sekolah taruni ini. "Bagi lulusan SMA Pradita Dirgantara diprioritaskan untuk masuk Akademi Militer AU. Jika mau lanjut kuliah umum juga tidak masalah," katanya.

Sementara itu, seorang siswa kelas 9A SMPN 1 Arut Selatan, Hikmal Nibra Taftazani (14) usai sosialisasi mengaku tertarik dengan sekolah tersebut. Ia berencana ingin melanjutkan sekolah di SMA Pradita Dirgantara. "Tapi ya tergantung orangtua nanti mengizinkan tidak. Kalau cita cita saya memang menjadi pilot, keren, soalnya," ujar Hikmal yang juga warga Maid Badir.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6982 seconds (0.1#10.140)