Wali Kota Pekalongan Launching Murral Batik Zebra Cross

Jum'at, 05 Januari 2018 - 17:06 WIB
Wali Kota Pekalongan Launching Murral Batik Zebra Cross
Wali Kota Pekalongan Launching Murral Batik Zebra Cross
A A A
PEKALONGAN - Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz me-launching Murral Batik Zebra Cross, Jumat (5/1/2018) di Halaman Polresta Pekalongan. Launching Murral Batik Zebra Cross ditandai dengan pelepasan balon oleh Wali Kota Pekalongan yang didampingi Sekretaris Daerah dan Kapolresta Pekalongan. Turut hadir dari Unsur Forkompinda dan seluruh Kepala OPD Kota Pekalongan.

Kapolresta Pekalongan AKBP Ferry Sandi Sitepu menuturkan saat ini permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan distribusi barang dan jasa dimana sektor transportasi memegang peranan yang sangat penting, maka sistem transportasi yang ada dapat berpengaruh terhadap timbulnya berbagai permasalahan dibidang lalu lintas.

“Salah satu permasalahan dalam hal kecelakaan lalu lintas yang patut kita jadikan sorotan bersama saat ini adalah tentang jaminan keselamatan bagi pejalan kaki,” timpalnya.

Untuk itu pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan. Hal ini terlepas masih kurangnya kesadaran para pejalan kaki untuk menyeberang jalan pada tempatnya atau Zebra Cross yang telah disedikan.

“Maka dari itu Polres Pekalongan Kota memandang perlu membuat program Back To Zebra Cross dengan model yang sedikit berbeda yaitu dengan nama Mural Batik Zebra Cross,” lanjutnya.

Dipilihnya Mural Batik Zebra Cross, menurut AKBP Ferry, ialah untuk memfungsikan secara maskimal pengguunaan zebra cross bagi pejalan kaki yang menyeberang jalan. Selain itu, juga untuk mengangkat kearifan lokal yang bertemakan batik agar masyarakat diluar Kota Pekalongan lebih mengetahui bahwa batik ada di Pekalongan.

“Dengan zebra cross yang divariasikan atau ditambahi dengan bambar batik diharapkan masyarakat timbul keingintahuan sehingga akan mendekat dan menggunakan fasilitas zebra cross tersebut sambil melihat gambar batiknya,” tuturnya.

Saat ini Murral Batik Zebra Cross dibuat di 30 titik tempat penyeberangan dan nantinya akan ditambah lagi dititik-titik zebra cross yang ada di Kota Pekalongan.

“Kedepan Mural Batik Zebra Cross dapat bertambah lagi sehingga setidaknya zebra cross yang ada di Kota Pekalongan ini nantinya semua sudah mengunnakan fariasi mural, ” tambahnya.

Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz mengapresiasi inovasi dari Polres Pekalongan Kota yang menggunakan mural batik di tempat penyeberangan jalan.

Menurutnya hal tersebut merupakan suatu terobosan ide kreatif yang bisa ditiru oleh instansi lainya. “ Mural Batik Zebra Cross inovasi yang bagus, kreatif , menarik,” kata Wali Kota.

Wali Kota menambahkan bahwa sesanti batik yang terdiri dari singkatan Bersih, Aman, Tertib, Indah, dan komunikatif diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga Kota Pekalongan akan menjadi lebih baik lagi.

“ Jika Batik ini selalu diterapkan dalam keseharian kita Kota Pekalongan akan jauh lebih baik dari sekarang,”pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7039 seconds (0.1#10.140)