Peringati 13 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh Warga Gelar Simulasi Bencana

Selasa, 26 Desember 2017 - 12:56 WIB
Peringati 13 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh Warga Gelar Simulasi Bencana
Peringati 13 Tahun Gempa dan Tsunami Aceh Warga Gelar Simulasi Bencana
A A A
BANDA ACEH - Ratusan masyarakat di Gampoeng Pande, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh menggelar simulasi bencana gempa dan tsunami pada peringatan 13 tahun Tsunami Aceh, Selasa (26/12/2017). Simulasi ini merupakan bentuk respon masyarakat dalam penyelamatan diri saat terjadi bencana gempa nanti.

Balai Desa Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja dipilih sebagai lokasi penyelamatan sementara pada simulasi gempa dan tsunami yang di gelar di desa setempat.

Simulasi ini dalam rangka peringatan 13 tahun Tsunami Aceh yang terjadi 26 Desember 2004 silam.

Gampong Pande merupakan desa yang terkena langsung dampak Tsunami 2004 lalu. Lantaran desa ini hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai. Saat gempa hampir 80% penduduk desa setempat hilang dan meninggal dunia.

Menurut Kepala Desa Gampoeng Pande Amiruddin simulasi ini sebagai pembelajaran bagi masyarakat dalam menyelamatkan diri saat bencana.

Dirinya juga meminta agar desa setempat dibangun gedung escape building atau gedung penyelamatan saat bencana gempa dan tsunami sehingga warga dapat menyelamatkan diri saat sewaktu – waktu bencana datang.

Sementara itu anggota DPR RI asal Aceh Nasir Jamil merespon permintaan pembangunan escape building tersebut. Menurutnya pembangunan akan segera dilakukan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Banda Aceh.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5555 seconds (0.1#10.140)