Bakti Nusantara Membangun Masyarakat di Perbatasan Indonesia

Selasa, 12 Desember 2017 - 20:59 WIB
Bakti Nusantara Membangun Masyarakat di Perbatasan Indonesia
Bakti Nusantara Membangun Masyarakat di Perbatasan Indonesia
A A A
KEFAMENANU - Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara atau Ikastara melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan yang dipusatkan di Sesa Sekon, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan kemasyarakatan itu mereka namakan Bakti Nusantara meliputi pengembangan pada tiga aspek diantaranya Kesejahteraan (Bangun Nusantara), Kesehatan (sehat Nusantara) dan pendidikan (Inspirasi Nusantara).

Aryo Saloko, Penanggungjawab Bakti Nusantara sekaligus ketua bidang pengabdian masyarakat mengatakan Wujud nyata tiga aspek itu sedang dilakukan di Desa Sekon.

Dia menjelaskan, di bidang bangun Nusantara pihaknya sudah membangun satu unit bangunan baru yakni SMP Sekon dan siap diresmikan. Kemudian di bidang kesehatan pihaknya telah melakukan operasi bibir sumbing, operasi katarak dan sunatan massal.

Sedangkan di bidang Inpirasi Nusantara, pihaknya saat ini sedang dilakukan penguatan kapasitas bagi para guru SD, SMP dan SMK se-Kabupaten TTU dan juga melakukan motivasi untuk para siswa SMP Sekon.

"Kita membangun masyarakat dari Tepian Indonesia, karena masih banyak yang belum tersentuh oleh pembangunan, kesejahteraan Bangsa kita bukan saja tanggungjawab pemerintah tetapi kita juga wajib melakukan sesuai yang bermanfaat," terang Aryo Saloko, di Desa Sekon, Selasa (12/12/2017).

Aryo menceritakan, kegiatan yang sama seperti ini sudah dilakukan pertama kali di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2016 lalu dan kegiatan kedua tahun ini dipusatkan di Provinsi NTT dengan lokasi Desa Sekon.

"Untuk tahun depan 2018 kita tetap melakukan kegiatan yang sama dengan lokasi berbeda, ini semua diinisiasi oleh Ikastara namun dalam pelaksaannya semua pihak kita libatkan demi suksesnya kegiatan dimaksud," jelasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7265 seconds (0.1#10.140)