Gunung Agung Kembali Hasilkan Gempa Selama 22 Menit

Sabtu, 02 Desember 2017 - 15:13 WIB
Gunung Agung Kembali Hasilkan Gempa Selama 22 Menit
Gunung Agung Kembali Hasilkan Gempa Selama 22 Menit
A A A
KARANGASEM - Gunung Agung kembali menghasilkan gempa overscale selama 22 menit pada Sabtu (2/12/2017), pukul 14.34 Wita.

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika mengatakan, gempa overscale ini lebih pendek dibandingkan dengan kejadian pada 28 November 2017. "Waktu 28 November 2017 itu waktunya sampai 30 menit. Kalau hari ini 22 menit jadi waktunya lebih pendek," katanya.

I Gede Suantika menjelaskan, gempa overscale disebabkan ada volume magma yang keluar kawah lebih besar dan saat ini masih berlangsung. "Jadi suplai magma ke kawah itu masih berlangsung saat ini," paparnya.

Dia menyatakan, bahwa sampai saat ini sudah terjadi gempa overscale sebanyak 6 kali. "Ini ada kaitannya dengan pengisian kawah saja dulu. Waktu Gunung Sinabung dulu ada over scale di atas lima kali kemudian tumpah sama seperti ini," katanya.

Dikabarkan sebelumnya pada 28 November 2017 lalu ada gempa overscale kemudian disusul dengan adanya lontaran batu. "Mungkin pada saat itu kepulan asapnya lagi tinggi-tingginya, aliran lava yang menyertainya sangat banyak dan langsung besar," ujarnya.

Kemudian dalam CCTV yang dipasang terlihat ada percikan padat yang terlontar ke udara kemudian ke bawah. "Kalau saat ini agak kalem. Tidak ada kepulan abu hanya ada asap putih tebal," pungkasnya.

Saat terjadi gempa overscale pihak PVMBG langasung menginformasikan ke pos induk dan mengimbau kepada warga agar tidak berada di radius 8 hingga 10 km dari puncak Gunung Agung.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5134 seconds (0.1#10.140)