Lava di Gunung Agung Terus Mengalami Pertumbuhan

Sabtu, 02 Desember 2017 - 07:09 WIB
Lava di Gunung Agung Terus Mengalami Pertumbuhan
Lava di Gunung Agung Terus Mengalami Pertumbuhan
A A A
KARANGASEM - Gunung Agung masih terus terlihat aktif. Hal itu ditunjukan dengan adanya gas-gas magmatik yang terekam. Selain itu juga ada sinar api di malam hari.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Devy Kamil Syahbana mengatakan kondisi tersebut menandakan adanya pemanasan dari bawah yang terus berlangsung dan lava di permukaan kawah Gunung Agung masih mengalami pertumbuhan.

"Untuk saat ini kawahnya belum penuh. Artinya kalau penuh ini kalau misalnya diukur volume kosong dari kawah ini 60 juta meter kubik yang sekarang mengisi sekitar 20 juta meter perkubik," paparnya.

"Jadi masih sepertiga dari kawah belum melebihi dari puncak atau bibir kawah Gunung Agung. Kita lihat ke depan lah aktivitas gunung seperti apa. Apakah erupsi ini masih berlangsung atau tidak," terangnya.

Dia menjelaskan, bahwa rata-rata penambahan volume lava di kawah diestimasikan pertumbuhanya 36 meter kubik per detik.

Menurutnya pertumbuhan lava di Gunung Agung tergolong cepat. "36 meter kubik per detik itu lumayan cepat. Itu daya yang kami dapat setelah dua hari yang lalu. Pertumbuhan volume lava ini tidak linier artinya mungkin saja dia mengalami perlambatan atau berhenti atau tetap," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2643 seconds (0.1#10.140)