Presiden Jokowi Resmi Jadi Mora Mandailing-Tabagsel

Selasa, 21 November 2017 - 16:23 WIB
Presiden Jokowi Resmi Jadi Mora Mandailing-Tabagsel
Presiden Jokowi Resmi Jadi Mora Mandailing-Tabagsel
A A A
MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi jadi mora bagi warga suku Mandailing dan Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) begitu Kahiyang Ayu diberi marga Siregar, hari ini (21/11/2017).

Kahiyang Ayu resmi dianugerahkan marga Siregar setelah menikah dengan Bobby Afif Nasution. Pemberian gelar adat marga Siregar bagi Kahiyang secara otomatis juga melekatkan Siregar sebagai marga sang ayah, Joko Widodo.

Setelah resmi menyandang marga adat dari Tapanuli Selatan teresebut, Presiden Jokowi juga resmi menjadi mora atau bagian penting dari keluarga besar Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal.

Tokoh Adat Mandailing Sutan Baginda Batang Taris mengungkapkan, pemberian marga Siregar bagi Kahiyang Ayu ini tentunya memberi kebanggaan tersendiri terutama di kalangan raja-raja adat Mandailing Natal (Madina) dan Tabagsel.

“Nasution mengambil Siregar, ungkapan itu pulalah yang memenuhi hampir seluruh tulisan media sosial hari ini,” katanya.

Saat ini, Presiden Jokowi merupakan moranya marga Nasution secara khusus. Secara umum menjadi mora atau keluarga besar warga Mandailing Natal dan Tabagsel, Padangsidimpuan, Padanglawas Utara dan Padanglawas sebagai bagian dari “Dalihan Natolu.”

Sutan Baginda Batang Taris mengatakan, setelah Presiden Jokowi menjadi mora bagi warga Madina dan Tabagsel diharapkan bisa lebih memperhatikan daerah Mandailing Natal dan Tapanuli Selatan yang dinilai tertinggal dari daerah lain.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6997 seconds (0.1#10.140)