Peringati Hari Pohon Sedunia, Polsek Ibun Tanam 2.500 Pohon

Sabtu, 18 November 2017 - 16:54 WIB
Peringati Hari Pohon Sedunia, Polsek Ibun Tanam 2.500 Pohon
Peringati Hari Pohon Sedunia, Polsek Ibun Tanam 2.500 Pohon
A A A
BANDUNG - Memperingati Hari Pohon Sedunia, jajaran Polsek Ibun, Kabupaten Bandung melakukan aksi penanaman sebanyak 2.500 bibit tanaman keras, Sabtu (18/11/2017). Aksi ini dilakukan di Petak Legok Tengek dan Legok Terong Kampung Patrol, RW 07 Desa Ibun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Pada kegiatan ini juga turut melibatkan sejumlah komunitas masyarakat, pencinta alam, dan organisasi kepemudaan. Seperti dari Barudak Vespa (Bapes), Pusaka Sunda, Jaga Balai Majalaya, FKPA, GMM, Saka Bayangkara, Cagar Kawasan, Ormas XTC, dan Ormas Lidik.

"Kegiatan ini kami gelar untuk memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 21 November. Yakni dengan menanam sebanyak 2.500 bibit pohon tanaman berbagai jenis," sebut Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi kepada SINDOnews, Sabtu (18/11/2017).

Menurutnya, kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari hingga Minggu (19/11/2017). Sementara untuk jenis pohon yang ditanam di antaranya Pohon Kibeureum, Kulumentex, Puspa, Kutag, Kibadak, dan Kuru Mamprang.

Jenis pohon keras dipilih agar mampu menahan run off air ketika hujan turun sehingga bisa menghindari terjadi longsor.

Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan sehingga diharapkan dapat menjaga kelestarian alam. Selain itu dari kegiatan ini juga harus dapat menjadi inspirasi semua pihak untuk melakukan hal serupa. Paling tidak bisa menjaga lingkungannya dan mengurangi lahan kritis di wilayahnya masing-masing.

"Kami sengaja memilih bibit pohon jenis endemix yang bertujuan menjaga kelestarian alam untuk mengurangi dampak terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor," tuturnya.

Aksi yang diinisiasi oleh Aiptu Nunuh "Si Manusia Pohon" ini disambut antusias oleh para peserta. Masing-masing perwakilan komunitas dan para anggotanya menanam bibit pohon yang sudah disediakan. Mereka pun bertekad akan memperhatikan dan memelihara pohon yang sudah ditanam agar bisa tumbuh dan tidak mati.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7277 seconds (0.1#10.140)