Tim Gabungan Obati Gajah Sumatera yang Terluka

Jum'at, 10 November 2017 - 08:00 WIB
Tim Gabungan Obati Gajah Sumatera yang Terluka
Tim Gabungan Obati Gajah Sumatera yang Terluka
A A A
PEKANBARU - Seekor gajah Sumatera (Elephas Maxsimus Sumateranus), penghuni Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja, Riau, terluka pada kaki kiri depan. Pihak berwenang pun melakukan pengobatan agar kondisi satwa dilindungi itu pulih.

Pengobatan dilakukan di sekitar SM Balai Raja Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Riau. Untuk pengobatan dilakukan oleh tim gabungan organisasi pecinta satwa langka WWF, Vesswic, Yayasan Tesso Nilo, dan Hipam (Himpunan Penggiat Alam).

"Gajah dewasa yang terluka itu bernama Dita. Dia salah satu penghuni SM Balai Raja," ucap Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBkSDA) Riau, Dian Indriati Kamis (9/11/2017).

Dia menjelaskan, pengobatan Dita diawali dengan melakukan pembiusan. Setelah itu, pengobatan segera dilakukan terhadap luka pada kaki depan kiri. Kondisi kaki Dita sudah mulai membaik.

"Untuk menambah stamina, Dita diberi asupan multivitamin penambah darah dan penguat otot," tandas Dian.

Pengobatan gajah betina ini merupakan kali kedua di tahun 2017. Dimana sebelumnya gajah tersebu telah diambil sample darah yang dilanjutkan dengan pemeriksaan general check up.

"Semoga Dita segera pulih dan dapat ceria agar kembali berkumpul dengan kelompoknya di hutan Talang SM Balai Raja," harapnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5740 seconds (0.1#10.140)