Rangkaian Pernikahan Kahiyang-Bobby, Jokowi Selesai Pasang Bleketepe dan Tuwuhan

Selasa, 07 November 2017 - 09:55 WIB
Rangkaian Pernikahan Kahiyang-Bobby, Jokowi Selesai Pasang Bleketepe dan Tuwuhan
Rangkaian Pernikahan Kahiyang-Bobby, Jokowi Selesai Pasang Bleketepe dan Tuwuhan
A A A
SOLO - Rangkaian prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu-Mohammad Bobby Afif Nasution bakal dimulai, Rabu (8/11/2017) pagi besok. Setelah melakukan tradisi adang kapisan, Jokowi melakukan prosesi pasang bleketepe, dan pasang tuwuhan.

Dari pantauan di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jokowi Nampak bersama istri Iriana Jokowi, dan dua anaknya Gibran Rakabuming Raka, serta Kaesang Pangarep kompak memakai pakaian khas adat jawa berwarna oranye.

Jokowi sekitara pukul 08.30 WIB memulai pasang bleketepe (anyaman janur). Dengan naik tangga lipat, Jokowi lalu memasang bleketepe di teras rumahnya. Setelah pasang bleketepe, rangkaian selanjutnya adalah siraman kedua calon mempelai pengantin.

"Untuk acara siraman memakai pakem Keraton Kasunanan Surakarta," ungkap Widarsi Suranto pambicara atau MC acara siraman pernikahan kahiyang-Bobby, selasa (7/11/2017) pagi.

Setelah itu dilanjutkan mencampur air siraman dari tujuh mata air yang berbeda. Prosesi berikutnya adalah sungkeman dari mempelai perempuan kepada orangtua, eyang, dan sesepuh putri yang akan menyirami saat siraman.

Siraman dimaknai membersihkan jiwa dan raga. Siraman calon mempelai dilakukan di tempat berbeda. Dalam hal ini di Hotel Alila Solo, tempat Bobby dan keluarganya menginap. Sedangkan kahiyang di kediaman pribadi Presiden Jokowi.

"Harapannya agar kedua mempelai dalam menapak hidup baru dengan hati yang bersih dan bening serta menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6784 seconds (0.1#10.140)