Jelang Pernikahan Kahiyang, Jokowi Sumringah

Senin, 06 November 2017 - 22:14 WIB
Jelang Pernikahan Kahiyang, Jokowi Sumringah
Jelang Pernikahan Kahiyang, Jokowi Sumringah
A A A
SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat sumringah menjelang pernikahan putrinya Kahiyang Ayu, Rabu (8/11/2017) besok. Jokowi terlihat memantau langsung gladi bersih prosesi acara di Jalan Letjend Suprapto, Solo, Jawa Tengah.

“Gladi bersih sudah sesuai yang direncanakan, semoga semuanya dimudahkan Allah,” ujar Jokowi Senin (6/11) sore usai melihat langsung gladi bersih prosesi pernikahan di Jalan Letjend Suprapto, Solo di dekat Gedung Graha Saba Buana yang menjadi lokasi resepsi.

Presiden Jokowi pada Senin sore menggelar pengajian dengan mengundang para tetangga di sekitar kediamannya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Setelah itu, pada Selasa (7/11) pagi digelar acara siraman kedua mempelai pengantin. Putri Jokowi, Kahiyang Ayu menjalani siraman di kediaman pribadi din Kelurahan Sumber.

Sedangkan calon menantu Jokowi, Muhammad Bobby Afif Nasution menjalani siraman di Hotel Alila, Solo yang menjadi tempat menginap bersama keluarga. Setelah itu, pada malam harinya dilanjutkan malam midodareni.

Ditanya mengenai perasaannya menjelang pernikahan putri satu satunya, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu menilai bahwa Kahiyang memang sudah saatnya berumah tangga, dan bermasyarakat seperti pada umumnya.

“Semoga bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah wa rohmah,” ucapnya.

Mengenai pesan khusus kepada mempelai saat pernikahan, ia enggan membeberkan. Jokowi mengakui penyelenggaraan pernikahan Kahiyang sedikit repot dibanding saat pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda tahun 2015 lalu.

Namun, secara umum proses menyiapkannya tetap sama. Sebagaimana tradisi Jawa, menikahkan anak perempuan disebut mantu. “Kalau laki-laki namanya ngunduh mantu. Itu bedanya," jelasnya.

Jokowi rencananya akan menikahkan sendiri putrinya saat ijab kabul. Ia mengaku sebagian besar undangan adalah masyarakat umum, mulai dari tetangga, pedagang pasar, dan PKL. Selain itu, para tetangga juga dilibatkan dalam panitia pernikahan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2147 seconds (0.1#10.140)