Antisipasi Banjir Personel BPBD Bersihkan Anak Sungai Citarum

Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:05 WIB
Antisipasi Banjir Personel...
Antisipasi Banjir Personel BPBD Bersihkan Anak Sungai Citarum
A A A
BANDUNG - Puluhan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan pembersihan anak Sungai Ciputat di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kamis (19/10/2017).

Kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi terjadinya banjir akibat banyaknya sampah yang menyumbat di sekitar aliran sungai. Lokasi yang berada di RW 13 Kampung Ciputat yang berbatasan dengan Jalan Raya Andir Katapang ini bermuara ke Sungai Citarum.

"Ini sebagai bentuk antisipasi terjadinya banjir karena saat ini sudah memasuki musim penghujan," kata Kepala Harian BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan, Kamis (18/10/2017).

Kegiatan ini melibatkan masyarakat, pemuda karang taruna, relawan bencana, dan pemerintah desa setempat. Kegiatan ini diharapkan bisa diikuti dan ditindaklanjuti oleh pihak-pihak lain untuk membersihkan anak-anak sungai yang bermuara ke Sungai Citarum guna meminimalisir terjadinya bencana banjir.

Hal ini juga sebagai tindaklanjut surat himbauan dari Sekda yang juga Kepala BPBD Kabupaten Bandung No 360/1411/BPBD/2017 tentang himbauan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana kepada camat dan seluruh aparatur desa.

Sebab berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika saat ini seluruh wilayah Indonesia termasuk Jawa Barat telah memasuki musim penghujan.

"Musim pancaroba ini berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem yang bisa berpotensi menimbulkan banjir, longsor, puting beliung, dan wabah penyakit," sebutnya.

Untuk itu masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan dan melakukan koordinasi mitigasi bencana dengan pihak-pihak terkait terutama di daerah yant rawan bencana. Masyarakat juga bisa melaporkan ke BPBD Kabupaten Bandung secara langsung melalui telpon ke nomor (022) 8587291 yang siaga 24 jam.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2766 seconds (0.1#10.140)