OBJ Muhammadiyah DIY Jadi Ajang Pendidikan Karakter

Selasa, 17 Oktober 2017 - 19:41 WIB
OBJ Muhammadiyah DIY Jadi Ajang Pendidikan Karakter
OBJ Muhammadiyah DIY Jadi Ajang Pendidikan Karakter
A A A
YOGYAKARTA - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY merasa bangga setelah sukses menggelar Olimpiade Budaya Jawa (OBJ). Terlebih lagi mulai dari pembukaan hingga penutupan yang digelar akhir pekan lalu mampu menyedot animo peserta dan menjadi ajang pendidikan karakter.

Mendikbud Muhadjir Effendy yang hadir dalam agenda tersebut mengatakan rasa bangga terhadap langkah PW Muhammadiyah DIY yang berhasil menggelar OBJ untuk kedua kalinya.Kegiatan tersebut menurutnya sangat mendukung upaya pendidikan karakter bagi anak-anak bangsa.

”Kegiatan semacam ini merupakan upaya baik untuk melestarikan atau untuk nguri-uri budaya Jawa, dan termasuk juga perlu pelestarian bagi budaya-budaya lainnya yang ada di nusantara," katanya dalam sambutan penutupan OBJ II, yang digelar oleh Pw Muhammasdyak DIY di Hall Pendapa SMKI Yogyakarta akhir pekan lalu.

Diapun berharap kegiatan seperti OBJ ini juga bisa dilakukan oleh daerah dan provinsi lainnya, tidak hanya di DIY saja. Dengan demikian menjadi sebuah agenda besar persarikatan Muhammadiyah untuk melestarikan budaya nusantara.

Sementara, Ketua Majelis Pendidikan Dara dan Menengah (Dikdasmen) PW Muhammadiyah DIY Arif Budi Raharjo mengungkapkan, tujuan utama diselenggarakannya OBJ merupakan bagian dari pendidikan karkater bangsa. Diakuinya pendidikan karkater bisa muncul dari kekompakan personel di tim dengan tampilan berbagai atraksi seni dan budaya jawa yang adiluhung.

“Kami merasa lega dan bersyukur karena perjalanan OBJ II telah berlangsung sukses sejak awal, mulai dari kegiatan pawai taaruf yang diikuti oleh hampir 87-an sekolah, baik SD, SMP/MTs, SMA/SMK yang ada di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Begitu pula kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan pada 22-23 September 2017 lalu," timpalnya.

Dijelaskannya, puncak penutupan OBJ II adalah kegiatan pagelaran yang meriah dengan berbagai penampilan tari kolosal yang dimainkan para siswa siswa di lingkungan sekolah Muhammadiyah di DIY.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan kegiatan demi kegiatan agar berlangsung dengan sukses.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7360 seconds (0.1#10.140)