Dekorasi Pernikahan Kahiyang Memakai Konsep Jawa Klasik

Senin, 16 Oktober 2017 - 20:53 WIB
Dekorasi Pernikahan Kahiyang Memakai Konsep Jawa Klasik
Dekorasi Pernikahan Kahiyang Memakai Konsep Jawa Klasik
A A A
SOLO - Dekorasi pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Kota Solo, Jawa Tengah, menggunakan konsep Jawa klasik. Dekorasi dipergunakan saat akad nikah dan puncak resepsi, 8 November 2017.

Untuk desain dekorasi dan pengerjaannya, keluarga Presiden Jokowi kembali mempercayakan kepada Asmoro Decoration. Pesta pernikahan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda tahun 2015 juga ditangani Asmoro Decoration.

"Konsep dekorasi untuk Mbak Kahiyang tidak berbeda jauh dengan konsep dekorasi Mas Gibran. Paling ada beberapa perubahan sedikit," ucap Ranu Asmoro, pemilik Asmoro Decoration, di kantornya di Jalan Kawung I, Kampung Premulung, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Senin (16/10/2017).

Guna membuat dekorasi Jawa klasik sebagaimana permintaan keluarga Presiden, pihaknya melakukan persiapan sekitar empat bulan. Konsep sudah disepakati sekitar 1,5 bulan lalu. "Kami mengajukan konsepnya dulu, lalu final sekitar 1,5 bulanan," katanya.

Keluarga mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu tidak memberikan permintaan khusus dalam konsep dekorasi. Meski begitu, pihaknya tetap memberikan dekorasi yang terbaik.

Ranu menggambarkan desain dekorasi bernuansa Jawa klasik, di antaranya dengan memasang gebyok sebagai latar belakang kursi pengantin. Gebyok merupakan dinding kayu berukir yang biasa dijumpai pada rumah Jawa. Welcome gate berupa pendopo kecil dengan atap joglo akan dipasang di depan pintu masuk gedung. Nuansa Jawa juga diciptakan melalui panggung untuk pemusik gamelan yang menyerupai tempat pementasan wayang. Dua photo booth rencananya ditempatkan di dalam gedung dan luar gedung.

Tempat yang digunakan untuk berfoto para tamu tersebut berlatar gebyok dengan hiasan lampu antik. Ornamen Jawa klasik akan berpadu dengan rangkaian bunga warna warni di beberapa titik. Bunga yang akan dipasang adalah mawar, anggrek, casablanca, hingga tulip.

"Kami akan memasang bunga sedap malam untuk memperkuat kesan Jawa," katanya.

Dekorasi dijadwalkan dipasang di Gedung Graha Sabha Buana yang menjadi tempat resepsi dua hari sebelum acara. Agar selesai sesuai jadwal, dirinya akan mengerahkan sekitar 100 pekerja.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8094 seconds (0.1#10.140)