Tak Kuat Bau Limbah, Warga Kembali Demo PT Ultra Jaya

Senin, 25 September 2017 - 12:45 WIB
Tak Kuat Bau Limbah, Warga Kembali Demo PT Ultra Jaya
Tak Kuat Bau Limbah, Warga Kembali Demo PT Ultra Jaya
A A A
BANDUNG BARAT - Ratusan warga Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat kembali berunjuk rasa di depan pabrik PT Ultra Jaya di Jalan Raya Gadobangkong No 131, Senin (25/9/2017) pagi.

Aksi ini merupakan demo lanjutan karena sebelumnya aksi yang sama tapi tidak dihiraukan pihak perusahaan. Warga berunjuk rasa lantaran bau limbah masih tercium. Bahkan lebih bau jika disbanding sebelumnya, sehingga menganggu ketenangan warga setempat.

"Ini adalah aksi lanjutan dari aksi demo sebelumnya karena warga tidak nyaman dengan bau limbah yang masih terus menyengat," tutur salah seorang koordinator aksi Iwan Abdurohman, 35, Warga Kampung Bunisari, RT 02/11, Desa Gadobangkong.

Dia mengatakan, dampak bau limbah ini dirasakan oleh warga yang tinggal di RW 5, 6, 8, 11, dan 12. Padahal pada pertemuan dengan perwakilan warga sebelumnya, pihak perusahaan berjanji bahwa bau limbah tidak akan tercium lagi. Namun, fakta di lapangan baunya masih tercium bahkan lebih menyengat dari sebelumnya.

Salah seorang warga David, 40, menyebutkan, bau limbah itu tercium sangat jelas sekitar pukul 06.00 WIB, pukul 12.00 WIB, pukul 18.00 WIB, dan pukul 21.00 WIB. Dirinya menduga pihak perusahaan tidak serius dalam menanggulangi persoalan limbah ini sehingga masalah yang sudah berlangsung puluhan tahun itu tidak pernah tuntas.

Selain berorasi, warga juga membawa puluhan poster yang berisikan tuntutan kepada pihak perusahaan. Sejumlah kendaraan pengangkut susu dan bahan baku lainnya yang akan masuk ke pabrik ini pun terpaksa memutar balik karena pintu gerbang perusahaan yang diblokir oleh warga.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7191 seconds (0.1#10.140)