DPW Perindo Bengkulu Gelar Talk Show Persiapan Verifikasi Parpol

Minggu, 24 September 2017 - 16:25 WIB
DPW Perindo Bengkulu Gelar Talk Show Persiapan Verifikasi Parpol
DPW Perindo Bengkulu Gelar Talk Show Persiapan Verifikasi Parpol
A A A
BENGKULU - DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu menggelar Talk Show Persiapan Verifikasi Parpol dengan mengundang Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Polda Bengkulu. Acara itu digelar di Kantor DPW Perindo Bengkulu, Sabtu, 23 September 2017.

Ketua KPUD Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra menyampaikan mengenai tahapan-tahapan verifikasi yang akan dilakukan KPU. Secara garis besar, ada dua verifikasi yang akan dilakukan, yakni verifikasi administratif dan verifikasi faktual.

Tahapan verifikasi akan langsung dilakukan KPU. Seluruh dokumen persyaratan dari partai diserahkan secara berjenjang. Pengurus parpol di kabupaten menyerahkan dokumen ke pengurus provinsi dan selanjutnya pengurus provinsi menyerahkan ke pengurus pusat. “Setelah semua sudah terkumpul, maka pengurus pusat lah yang menyerahkan ke KPU RI,” kata Irwan Saputra.

Setelah verifikasi administratif, KPU akan melakukan verifikasi faktual. Perlu diingat, parpol yang memenuhi syarat administratif saja yang bisa mengikuti verifikasi faktual. Parpol yang tidak memenuhi syarat administratif tidak bisa mengikuti verifikasi faktual dan langsung dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Pendaftaran verifikasi dibuka dari tanggal 13-16 Oktober 2017. Setelah itu, langsung dilakukan verifikasi administratif sampai tanggal 15 Desember 2017,” tuturnya.

Sementara Ketua DPW Partai Perindo Bengkulu, Dirwan Mahmud mengatakan, talk show bersama KPUD Bengkulu digelar sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2019. Dari acara itu, pihaknya akan mengetahui apa saja kekurangan dari Partai Perindo Bengkulu dan bisa segera melengkapinya.

“Sejauh ini, Perindo Bengkulu sudah sangat siap menghadapi verifikasi. Talk show ini bisa menjadi sebagi langkah koordinasi dengan KPU jika ada perubah-perubahan regulasi. Jadi, kami harus antisipasi sedini mungkin apabila ada perubahan,” katanya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4713 seconds (0.1#10.140)