FDPM Cimahi Kecam Kekerasan di Rohingya

Jum'at, 22 September 2017 - 13:42 WIB
FDPM Cimahi Kecam Kekerasan di Rohingya
FDPM Cimahi Kecam Kekerasan di Rohingya
A A A
CIMAHI - Forum Diskusi Pemuda dan Mahasiswa (FDPM) Cimahi, Jawa Barat, melakukan aksi solidaritas untuk muslim Rohingya, Jumat (22/9/2017). Aksi yang dilakukan di kawasan Alun-alun Kota Cimahi ini mengusung tema ‘Derita Muslim Rohingya Derita Kita’.

"Ini adalah aksi solidaritas untuk muslim Rohingya dari kami sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas kepada mereka," tutur koordinator aksi Iwal Maslin saat aksi di depan Alun-alun Kota Cimahi, Jumat (22/9/2017).

Menurutnya, berlandaskan ikatan keimanan, isu kemanusiaan yang menimpa umat muslim Rohingya harus terus disuarakan oleh umat muslim. Sebab, apa yang dilakukan oleh pelaku kekerasan yang menimpa muslim Rohingya merupakan perbuatan keji yang tidak terpuji.

"Kami menilai apa yang dilakukan oleh rezim Budha Myanmar dalam pembantaian terhadap minoritas muslim Rohingya sudah keterlaluan dan sangat tidak manusiawi," tegasnya.

Selain tragedi kemanusiaan, massa juga menilai konflik yang terjadi di Myanmar memuat isu politik perebutan sumber daya alam yang terkandung dalam perut bumi di Myanmar yang akhirnya merembet ke isu agama.

"Kekayaan alam yang dimiliki Myanmar hari ini menjadi rebutan para kapitalis asing, sehingga korbannya adalah orang-orang yang tidak bersalah," ucapnya.

Dalam aksinya, mereka meminta pemerintah agar turut andil dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di Rohingya. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang punya peran penting dalam menjaga perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7803 seconds (0.1#10.140)