Pemkot Salatiga Lelang 8 Jabatan Kepala Dinas

Senin, 18 September 2017 - 15:57 WIB
Pemkot Salatiga Lelang 8 Jabatan Kepala Dinas
Pemkot Salatiga Lelang 8 Jabatan Kepala Dinas
A A A
SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, Jawa Tengah kembali melakukan lelang jabatan pimpinan tertinggi pratama (JPTP) organisasi perangkat daerah (OPD). Pendataran lelang JPTP telah dibuka pada pekan lalu. Ada delapan kepala OPD yang dilelangkan, yakni Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinaspersip), Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora), Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdaldukkb) serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga.

Sebelumnya, pada Maret 2017 lalu Pemkot telah melakukan lelang JPTP empat jabatan kepala OPD. Hanya lelang jabatan saat itu gagal dilaksanakan lantaran jumlah ASN yang mendaftar atau peserta lelang tidak memenuhi ketentuan. Akhirnya, lelang JPTP dilaksanakan lagi pada September ini.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka JPT Pratama Lingkungan Pemkot Salatiga Adhi Isnanto mengatakan, pendaftaran lelang JPTP dibuka hingga Senin (25/9/2017). Dia berharap, semua ASN yang memenuhi persyaratan ikut mendaftar agar lelang jabatan tersebut dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Lelang JPTP ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala OPD. Ada delapan posisi jabatan eselon II yang kosong dan akan kami isi melalui lelang terbuka," katanya, Senin (18/9/2017).

Dia menjelaskan, teknis dan mekanis lelang JPTP ini sama dengan lelang atau seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga. Yakni ada seleksi administrasi, tes kompetensi manajerial (assesment), penelusuran rekam jejak, uji gagasan tertulis maupun lisan, dan wawancara. "Setelah tahapan itu semua dilaksanakan, tinggal penetapan hasil seleksi," timpalnya.

Menurut Adhi, apabila proses lelang JPTP ini lancar, panitia seleksi bakal menetapkan hasilnya melalui rapat pleno yang rencananya akan digelar pada 30 Oktober 2017 nanti.

Dari hasil pleno tersebut, kemudian dipilih tiga nama calon untuk diserahkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). "Pelaporan hasil rapat pleno dijadwalkan pada 31 Oktober 2017," pungkas Asisten I Setda Kota Salatiga ini.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga Gati Setiti mengatakan, bagi ASN yang berminat mendaftar sebagai peserta lelang JPTP untuk segera menyerahkan lamaran mengikuti proses seleksi yang ditujukan kepada Ketua Pansel JPTP Lingkungan Pemkot Salatiga.

Lamaran ditujukan kepada panitia yang beralamatkan di Kantor BKDiklatda Jalan Pemuda Nomor 2 Salatiga. "Pendaftaran lelang JPTP terbuka untuk ASN se Jawa Tengah yang berminat bertugas di Pemkot Salatiga. Lelang akan dilakukan secara terbuka dan transparan," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9827 seconds (0.1#10.140)