Semen Tonasa Borong Enam Penghargaan di ISDA Award 2017

Jum'at, 15 September 2017 - 02:56 WIB
Semen Tonasa Borong Enam Penghargaan di ISDA Award 2017
Semen Tonasa Borong Enam Penghargaan di ISDA Award 2017
A A A
JAKARTA - Misi perusahaan yang tak pernah menepikan aspek sosial, membuat PT Semen Tonasa jadi sorotan di ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2017. Tahun ini, enam penghargaan sekaligus diraih.

Pada malam penganugerahan di Smesco Convention Hall Jakarta, Kamis (14/9/2017) malam, Tonasa memenangkan tiga penghargaan untuk kategori program. Untuk Bidang Lingkungan meraih Platinum, sementara Pendidikan dan Kesehatan diganjar Gold.

Untuk kategori perorangan, Dirut PT Semen Tonasa, Subhan SE AK MM terpilih sebagai CEO Terbaik Satu di ISDA 2017. Subhan mengungguli 34 pimpinan perusahaan lain yang menjadi nominator untuk tahun ini. Dua penghargaan lain untuk kategori ini masing-masing Tingkat Manajemen dan Lapangan, juga meraih penghargaan untuk kategori terbaik satu.

"Sejak 2013 Semen Tonasa sudah ambil bagian. Kami mencoba meningkatkan apa yang sudah dicapai manajemen sebelumnya. Kalau tahun ini ada enam penghargaan, semoga tahun depan lebih banyak lagi. Ini penting sebagai indikator keberhasilan program," jelas Subhan.

Menurut mantan direktur keuangan PT Semen Tonasa ini, pihaknya memang sangat serius mengembangkan program Corporate Social Responsibility (CSR). Memasuki tahun kelima, masyarakat di 11 desa dan kelurahan sudah menikmati program ini.

"Kami tak hanya mengejar profit. Juga harus memikirkan aspek sosial. Sebab ini terkait langsung dengan masyarakat di sekitar perusahaan. Selain mencoba mengembangkan ekonomi masyarakat, kami juga harus peduli pada kualitas hidup mereka," jelas Subhan.

Tonasa Bersaudara yang menjadi icon dari CSR perusahaan ini, memang terus berkembang dengan lima pilarnya; Tonasa Mandiri, Tonasa Cerdas, Tonasa Sehat, Tonasa Bersaudara, dan Tonasa Hijau. Dengan menggandeng forum desa yang terdiri dari perwakilan sejumlah unsur masyarakat, mereka mampu menyerap keinginan masyarakat dari 11 desa dan kelurahan sekitar. Program seperti pemberian kredit, bea siswa, pengadaan air bersih, bedah rumah, hingga penghijauan kini sudah dirasakan dampaknya.

Menurut Subhan, evaluasi terkait program CSR dilakukan setiap tahunnya. Hal ini juga terkait dengan kemampuan perusahaan untuk mengucurkan dana untuk membiayai berbagai program yang diusulkan masyarakat. "Dan sejauh ini berjalan sesuai harapan. Hasil survei independen bahkan menyebutkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kami mencapai 80%," terang Ferry Djufry, GM CSR dan Umum PT Semen Tonasa.

ISDA digelar oleh Corporate Forum For Community Development (CFCD). Ini merupakan forum bersifat independen yang dibentuk sebagai wadah komunikasi bagi para pelaku CSR dan penggiat pemberdayaan masyarakat.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4184 seconds (0.1#10.140)