Menteri Agraria dan Tata Ruang sebut Sertifikasi di Jabar Meningkat Tajam

Senin, 11 September 2017 - 16:16 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang sebut Sertifikasi di Jabar Meningkat Tajam
Menteri Agraria dan Tata Ruang sebut Sertifikasi di Jabar Meningkat Tajam
A A A
BANDUNG BARAT - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil meresmikan kantor ATR/Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Bandung Barat (KBB), di Jalan Raya Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB, Senin (10/9/2017). Pada kesempatan ini dia didampingi Bupati Bandung Barat Abubakar, Staf Ahli Menteri Agraria Tata Ruang Doddy Imron Cholid, dan Kepala Kantor Pertanahan KBB Ristendi Rahim, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Sofyan mengatakan, tahun ini presiden menargetkan sertifikasi lahan secara nasional mencapai 5 juta. Dari jumlah itu untuk Jabar sendiri ada 594.500 sertifikat. Menurutnya itu loncatan luar biasa karena biasanya Jabar hanya sekitar 70 ribu tapi kini bisa mencapai 600.000 sertifikat/tahun.

"Target nasional adalah 5 juta sertifikat dan saat ini realisasinya baru 1,1 juta sertifikat atau target dua juta sertifikat di APBN awal serta 3 juta lagi di APBN tambahan," ucapnya.

Percepatan sertifikasi tanah rakyat ini diharapkan bisa tercapai sampai akhir tahun nanti. Sebab nanyinya ketika tanah sudah tersertifikat maka bisa menjadi colateral atau jaminan ke bank sehingga bisa membantu masyarakat juga. "Namun memang hal ini masih terkendala dengan keterbatasan juru ukur," katanya.

Staf Ahli Menteri Agraria Tata Ruang Doddy Imron Cholid meminta dengan hadirnya Kantor Pertanahan di KBB diharapkan bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal sertifikasi lahan. "Pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan terlebih saat ini Kantah KBB sudah punya kantor yang refresentatif," ucapnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil didampingi Bupati Bandung Barat Abubakar, Staf Ahli Menteri Agraria Tata Ruang Doddy Imron Cholid saat meresmikan Kantor Pertanahan KBB, di Jalan Raya Ciburuy, Padalarang, KBB, Jawa Barat, Senin (10/9/2017). KORAN SINDO/Adi H
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7640 seconds (0.1#10.140)