Tangkal Narkoba, Ribuan Mahasiswa Baru UST Ikuti Kuliah Umum

Kamis, 07 September 2017 - 16:11 WIB
Tangkal Narkoba, Ribuan Mahasiswa Baru UST Ikuti Kuliah Umum
Tangkal Narkoba, Ribuan Mahasiswa Baru UST Ikuti Kuliah Umum
A A A
YOGYAKARTA - Ribuan mahasiswa baru dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta mengikuti kuliah umum di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul.

Rektor UTS Yogyakarta, Pardimin mengatakan, jumlah mahasiswa baru angkatan tahun 2017 ini ada 3.017 orang. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 2.725 mahasiswa baru.

Semua putra-putri daerah dari Sabang sampai Merauke ada yang masuk di perguruan tinggi swasta ini. "Bahkan, ada juga mahasiswa baru kami yang dari luar negeri, ada dari Thailand, Malaysia, Timor Leste dan yang terakhir ada mahasiswa baru dari Amerika Serikat yang mengambil jurusan bahasa," katanya kepada wartawan, Kamis (7/9/2017).

Yang mengikuti kuliah umum dengan tema 'Peran Pendidikan Tinggi Dalam Membentuk Insan Unggul, Mandiri, dan Berkarakter' ini, kata dia, hanya diikuti mahasiswa baru jenjang strata satu, termasuk para mahasiswa asal luar negeri tersebut. Sementara jenjang S2 kuliah umum dilakukan pada kemudian hari.

Terkait kuliah umum ini, pihak kampus mendatangkan pemateri dari Badan Nakotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY. Tujuannya, agar para mahasiswa baru ini mengetahui betul bahaya narkoba bagi kehidupannya.

"Bahaya narkoba sudah sangat luar biasa. Kita datangkan Badan Narkotika Nasional agar memberi penjelasan langsung pada anak didik kita supaya mereka nanti jangan sampai terjerumus dalam lingkaran narkoba," jelasnya.

Kepala Desimiasi Informasi Bidang Pencegahan BNNP DIY, Suharyono menyampaikan banyak hal tentang narkoba, mulai dari jenis, bentuk atau wujudnya, hingga efek samping dan bahaya bagi yang mengkonsumsi. Tak hanya bahaya bagi yang menggunakan, sanksi pidana juga bisa dijatuhkan jika terjerumus peredaran narkoba.

Dia mengajak mahasiswa baru ini untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjauhi narkoba. Mahasiswa baru itu juga diminta membantu tugas BNN untuk mewujudkan generasi muda Indonesia agar terbebas dari bahaya laten narkoba.

Ribuan mahasiswa UST Yogyakarta mengikuti kuliah umum di Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul. Foto/Prabowo
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)