Awasi Pilkada Serentak, Bawaslu Libatkan Ribuan Anggota Pramuka

Kamis, 07 September 2017 - 14:47 WIB
Awasi Pilkada Serentak, Bawaslu Libatkan Ribuan Anggota Pramuka
Awasi Pilkada Serentak, Bawaslu Libatkan Ribuan Anggota Pramuka
A A A
BANDUNG - Bawaslu Jawa Barat bakal melibatkan anggota Pramuka untuk ikut serta mengawasi Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Pelibatan anggota Pramuka dalam kegiatan pengawasan partisipatif ini merupakan kali ketiga dilakukan Bawaslu Jabar setelah sebelumnya sukses melibatkan anggota Pramuka dalam pengawasan Pilkada Serentak di 8 kabupaten/kota 2015 dan Pilkada Serentak di 3 kabupaten/kota 2017 lalu.

"Mereka akan ikut serta mengawasi jalannya pelaksanaan pesta demokrasi, Pilkada Serentak dan Pilgub Jabar 2018, jumlahnya mencapai ribuan," ungkap Harminus di Bandung, Kamis (7/9/2017).

Bahkan, lanjut Harminus, pelibatan anggota Pramuka ini akan dilakukan melalui Kelompok Kerja (Pokja) yang akan menjadi cikal bakal Satuan Karya (Saka) baru di Gerakan Pramuka, bernama Saka Adhyasta Pemilu yang pencanangannya telah dilakukan di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Rabu (6/9/2017) kemarin.

Menurut Harminus, Saka Adhyaksa Pemilu akan menjadi pelengkap 14 Saka yang dimiliki Gerakan Pramuka saat ini. Pembentukan Saka Adhyaksa Pemilu dimulai lewat kelompok kerja (Pokja) di 27 kabupaten/kota di Jabar.

Pokja Saka Adhyasta Pemilu ini akan mengawasi jalannya Pilkada Serentak di 16 kabupaten/kota dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 mendatang.

"Kita akan tegakkan, kibarkan Saka Adhyasta Pemilu. Di bumi perkemahan ini, kita canangkan Saka Adhyasta Pemilu yang dimulai dengan pokja di Jabar. Insya Allah akan bergerak ke seluruh Indonesia," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5320 seconds (0.1#10.140)