Tinjau Pelabuhan Ceremai, Cornelis Cek Pengoperasian Kapal Penyeberangan

Jum'at, 01 September 2017 - 22:23 WIB
Tinjau Pelabuhan Ceremai, Cornelis Cek Pengoperasian Kapal Penyeberangan
Tinjau Pelabuhan Ceremai, Cornelis Cek Pengoperasian Kapal Penyeberangan
A A A
SAMBAS - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis meninjau Pelabuhan Ceremai dan pengoperasian kapal penyeberangan Lambung Binaul (Elang Laut) yang melayani masyarakat di Kecamatan Paloh dan Temajok, Kabupaten Sambas, Jumat (1/9/2017). Dalam peninjauan tersebut, Cornelis didampingi Muspika Kecamatan Paloh, Kepala Dinas Kominfo Kalimantan Barat Anthony Sebastian Runtu, dan kepala SKPD Kalbar lainnya.

Usai meninjau setiap sisi bangunan pelabuhan, Cornelis menuju kapal penyeberangan Lambung Binaul. Pengadaan kapal ini atas prakarsa dirinya sebagai gubernur yang mengajukan kepada Kementerian Perhubungan saat dipegang Ignasius Jonan.

Cornelis berharap masyarakat dapat menggunakan kapal tersebut dengan sebaik-baiknya. "Ini karya besar, kenang-kenangan bersama Bapak Ignasius Jonan untuk kita di perbatasan ini. Kapal ini saya tempatkan di sini untuk membantu masyarakat disini agar transportasinya lancar,” kata Cornelis di Pelabuhan Ceremai, Jumat (1/9/2017).

Menurut Cornelis, alasan penempatan kapal penyeberangan di Pelabuhan Ceremai ini bukan masalah ramai atau tidaknya penumpang. Kapal tersebut ditempatkan di sana lebih sebagai alat evakuasi jika terjadi apa-apa.

Hal ini karena konsep pembangunan yang ia terapkan dalam memajukan Kalimantan Barat bertumpu pada sistem dan strategi keamanan. Bahkan dirinya juga sudah menyiapkan lapangan yang bisa digunakan mendarat pesawat Hercules di daerah perbatasan dan jalan paralel perbatasan sampai ke Kalimantan Utara.

Nakhoda Kapal Binaul, Dadang (45) mengatakan, kapal ini beroperasi dari pagi sampai malam. Kapal Binaul bisa menampung 16 kendaraan jenis minibus. Untuk kendaraan jenis truk di bawah 10 unit dengan tarif Rp40.000 perkendaraan. Dalam mengoperasional kapal tersebut, Dadang dibantu 10 ABK.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5632 seconds (0.1#10.140)