Waspadai Hewan Kurban Pemakan Sampah

Rabu, 30 Agustus 2017 - 12:51 WIB
Waspadai Hewan Kurban Pemakan Sampah
Waspadai Hewan Kurban Pemakan Sampah
A A A
ACEH SELATAN - Menjelang Idul Adha, semakin banyak masyarakat berburu hewan kurban seperti sapi, kerbau, maupun kambing. Masyarakat pun diimbau mewaspadai hewan kurban pemakan sampah karena berbahaya untuk dikonsumsi.

Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Pasie Rasian, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, setiap harinya puluhan sapi mencari makanan dari tumpukan sampah.

Dinas Pertanian dan Peternakan setempat mengharapkan kepada pedagang hewan kurban untuk tidak mengambil atau menjual sapi pemakan sampah.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Selatan drh Arfiandi, Rabu (30/8/2017), sapi pemakan sampah ini sangat berbahaya jika dikonsumsi. Apalagi, sapi tersebut makan logam berbahaya yang sering ikut dalam sampah yang mereka makan. Jika sapi memiliki logam tinggi dapat mengakibatkan kematian.

Bagi manusia, jika mengonsumsi terlalu banyak sapi pemakan logam dapat menimbulkan penyakit dan bagi ibu hamil dapat menyebabkan kelainan pada bayi seperti cacat fisik maupun kerusakan pada otak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9020 seconds (0.1#10.140)