Ketua MUI Puji Kerukunan Umat Beragama di Sulut

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 03:59 WIB
Ketua MUI Puji Kerukunan Umat Beragama di Sulut
Ketua MUI Puji Kerukunan Umat Beragama di Sulut
A A A
MANADO - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin memuji kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara (Sulut).

Sulut dinilai sebagai salah satu daerah yang patut dicontoh daerah lain dalam kehidupan suatu bangsa yang beragam.“Ini sangat besar artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerukunan adalah modal bagi kemajuan suatu daerah,” ujar Ma'ruf di Wisma Gubernuran Bumi Beringin, Jumat 18 Agustus 2017.

Hal yang sama disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Menurut dia, kemajemukan merupakan aset besar pembangunan. Namun di sisi yang lain juga merupakan bentuk ancaman.

Adapun hal itu dikatakannya menjadi ancaman bagi proses tumbuh kembang bangsa jika tidak mampu menyukuri dan menjaganya melalui persatuan dan kerukunan berlandaskan Pancasila dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Persatuan dan kerukunan menjadi harga mati yang harus terus dijaga dan dilestarikan eksistensinya karena ini modal utama pembangunan daerah dan bangsa,” kata Olly.

Dia mengatakan, secara konsisten, Sulut mengoptimalkan potensi dan keunggulannya untuk memberikan dukungan bagi percepatan pembangunan, bahkan terus menjadi role model harmonisasi kehidupan bagi daerah-daerah lain.

“Namun demikian kerukunan dan kedamaian yang berhasil terpelihara selama ini bukan berarti bahwa daerah ini bebas dan steril dari ancaman, isu, provokator dan pengaruh dari luar, apalagi mengingat karakteristik daerah ini yang merupakan daerah perbatasan,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum MUI KH Ma'aruf Amin berkesempatan melaksanakan salat jumat di Masjid Raya Ahmad Yani. Umat Islam di Manado menyambut baik kehadiran KH Ma'aruf Amin yang juga memberikan ceramah. Cahya Sumirat
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)