Test Flight N-219 Sukses, Ini Kata Sang Pilot

Rabu, 16 Agustus 2017 - 12:16 WIB
Test Flight N-219 Sukses, Ini Kata Sang Pilot
Test Flight N-219 Sukses, Ini Kata Sang Pilot
A A A
BANDUNG - Pesawat N-219 sukses menjalani uji terbang pada Rabu (16/8/2017). Pesawat take off dari landasan Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung pukul 09.12 WIB dan landing pukul 09.40 WIB. Rute yang ditempuh adalah sekitar Bandung Raya.

Begitu kembali, sambutan meriah diberikan oleh para tamu undangan dan karyawan PT Digantara Indonesia (PT DI). Tepuk tangan, sorak-sorai, hingga lagu Padamu Negeri menyambut kedatangan pesawat asli buatan anak bangsa itu.

Pilot, co pilot, serta flight test engineer langsung disambut para pejabat begitu turun dari dari pesawat. Pengalungan bunga pun dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan ucapan selamat.

Yang cukup menarik, pilot yang mengemudikan pesawat itu adalah seorang perempuan, Captain Esther Gayatri Saleh. Rasa bangga pun diungkapkan Esther, apalagi hal itu dilakukan sehari jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI. "Puji Tuhan kita bisa terbang dengan baik dan landing dengan bagus," ujarnya.

Secara umum, dia juga memuji kinerja pesawat produksi PT DI dan LAPAN tersebut. Tapi, dia menyebut masih banyak waktu yang dibutuhkan untuk evaluasi dan berbagai pernyempurnaan ke depan. "Masih baru pertama kali terbang, perjalanannya masih panjang," ucapnya.

Disinggung apakah pesawat tersebut dirasa cocok untuk dipakai di daerah kepulauan seperti Indonesia, khususnya Indonesia Timur, dia mengamininya. Apalagi, pesawat tersebut sangat membanggakan karena bukan produk asing. "Iya, this is good aircraft. Karena ini buatan Indonesia, kita patut berbangga karena kita bisa buat pesawat," tegasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)