Di Bangkalan, Sekjen PDIP Temui Pengasuh Ponpes Nurul Cholil

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:44 WIB
Di Bangkalan, Sekjen PDIP Temui Pengasuh Ponpes Nurul Cholil
Di Bangkalan, Sekjen PDIP Temui Pengasuh Ponpes Nurul Cholil
A A A
BANGKALAN - Dalam rangkaian lawatannya ke Pulau Madura, Jawa Timur, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Cholil, Bangkalan. Hasto diterima pengasuh Ponpes Nurul Cholil KH Zubair Muntashor.

Menurut Hasto, pertemuan dengan Kiai Zubair sebagai bentuk komitmen partai agar terus dapat mendekatkan jarak dengan para ulama dan umat. Hasto mengatakan, Kiai Cholil memiliki kedekatan khusus dengan pendiri Republik, Bung Karno. Menurut banyak riwayat, sambil menimba ilmu dari HOS Tjokroaminoto, Bung Karno juga 'nyantri' di Syaichona Cholil.

"Dari pondok ini, Bung Karno dapat memperkaya dan memperdalam ilmu agama. Pengalaman spiritual yang menautkan antara agama dan nasionalisme," kata Hasto, Sabtu (12/8/2017).

Karena alasan kedekatan Bung Karno dengan Syaichona Cholil itulah, kata Hasto yang datang ditemani Ketua DPP PDI Perjuangan Kusnadi, ia merasa perlu berkunjung ke salah satu pondok tertua di Jawa Timur ini. Terlebih, Bung Karno memang sangat gemar memuliakan para ulama.

"Bung Karno itu kalau ada urusan urusan terkait umat, selalu rujukannya para ulama. Tak jarang ulama yang pola hidupnya sederhana itu datang ke Istana Negara hanya menggunakan sandal. Tetapi itu tak mengurangi rasa takzim beliau kepada para ulama," ujar Hasto.

Kesederhaan ulama itu Hasto saksikan sendiri ketika Pengasuh Ponpes Nurul Cholil KH Zubair Muntashor langsung menyambut dirinya dan rombongan dari atas kursi rodanya. "Maaf saya tidak punya kaki," kata KH Zubair, saudara sepupu mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron.

Kiai sepuh ini dengan penuh kekeluargaan menerima kunjungan Hasto, ditemani salah seorang putranya, Ra Hasani. Kiai Zubair bercerita bahwa saat pilpres lalu, ia terpaksa berseberangan jalan dan berbeda pilihan politik dengan Fuad Amin.

"Saya telepon sana sini. Para alumni di Jakarta, Bogor, dan sekitarnya, agar diperjuangkan kemenangan untuk Pak Jokowi. Alhamdulillah menang, walaupun sedikit," kata Kiai disambut tawa tamu-tamunya.

Kepada Kiai Zubair, Hasto menitipkan partai dan warga "banteng" agar selalu mendapatkan arahan dan bimbingan dalam berbuat yang terbaik untuk rakyat. Sambil menyatakan siap, Kiai juga menyambut,"Saya juga titip anak saya (Ra Hasani) untuk dapat dibimbing."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0266 seconds (0.1#10.140)