Merasa Dapat Banyak Dukungan, Khofifah Tak Khawatir Manuver Gus Ipul

Selasa, 08 Agustus 2017 - 18:09 WIB
Merasa Dapat Banyak Dukungan, Khofifah Tak Khawatir Manuver Gus Ipul
Merasa Dapat Banyak Dukungan, Khofifah Tak Khawatir Manuver Gus Ipul
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa tampak semakin menunjukkan kesiapannya untuk maju kembali di Pilgub Jawa Timur (Jatim). Meski hingga kini belum mendeklarasikan pencalonannya, perempuan yang sudah dua kali bertarung di Pilgub Jatim ini mengaku dukungan masyarakat sangat besar.

Klaim itu didasarkan pada hasil kunjungan atau sering dia sebut check sound yang dia lakukan ke berbagai kabupaten/kota di Jatim. Beberapa daerah yang dia kunjungi dan memberikan dukungan besar kepadanya yakni, Sumenep, Pamekasan, dan Bojonegoro.

”Dan itu kan semuanya natural gitu. Saya datang lagi ke Mojokerto di salah satu pesantren yang cukup prestisius, juga ternyata support-nya luar biasa. Jadi ini sebenarnya proses yang berjalan alami,” ungkap Khofifah usai Rapat Koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Meski pergerakan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang sudah sangat kencang dalam menjaring dukungan, terutama di basis pendukung nahdliyin, para kiai, dan juga dukungan partai politik, Khofifah mengaku tidak gentar. ”Jangan karena (saya) perempuan, kemudian under estimate terhadap perempuan, hati-hati loh,” ujar mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Abdurrahman Wahid ini.

Menurut Khofifah, proses check sound yang dilakukannya selama ini dinilai sudah hampir selesai. Tahapan selanjutnya yaitu menyamakan frekuensi dukungan dari berbagai elemen yang ada. ”Sudah selesai saya rasa check sound. Ini saya lagi menyamakan frekuensi, kira-kira gitulah posisinya,” paparnya. Penyamaan frekuensi dukungan yang dimaksud, misalnya dukungan dari kalangan anak muda, pesantren, kalangan perempuan, dan termasuk dari para kiai.

Sayangnya, meskipun sinyal pencalonan kembali dirinya dalam Pilgub Jatim 2018 semakin terlihat, hingga kini Khofifah belum mau berterus terang kapan akan mendeklarasikan pencalonannya. ”Sudahlah, saya mau rakor dulu,” katanya sambil tersenyum.

PKB sendiri sebelumnya telah memberikan rekomendasi terhadap Gus Ipul untuk maju dalam Pilgub Jatim. Selain itu, Gus Ipul juga terus mendekati sejumlah parpol. Termasuk dengan mendaftar lewat Partai Demokrat dan PDIP. Selain itu, Gus Ipul juga mengklaim telah mendapatkan dukungan dari sejumlah kiai kampung.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9352 seconds (0.1#10.140)