Menteri Agama Minta Siswa Madrasah Maju

Senin, 07 Agustus 2017 - 21:29 WIB
Menteri Agama Minta Siswa Madrasah Maju
Menteri Agama Minta Siswa Madrasah Maju
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membuka Ajang Kompetisi Seni Olahraga Madrasah dan Kompetisi Sains Madrasah (Aksioma-KSM) 2017 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (7/8/2017). Melalui ajang Aksioma ini diharapkan mampu mencetak siswa madrasah yang unggul dalam berbagai bidang.

Menurut Menag, para siswa datang bukan untuk hanya untuk kompetisi, namun juga untuk harumkan negeri. "Anak madrasah siap berkompetisi maju bersama untuk ibu Pertiwi," katanya saat pembukaan Aksioma-KSM yang ditandai dengan pencabutan gunungan untuk diserahkan kepada Dirjen Pendidikan Agama Islam untuk diteruskan kepada dalang cilik.

Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, Kamarudin Amin mengatakan, Aksioma sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Kementerian Agama setiap dua tahun. Aksioma menjadi ajang untuk mangembangkan minat bakat seni dari siswa-siswa madrasah. "Juga untuk meningkatkan nilai integritas dan sportivitas, serta mengembangkan potensi akademik" tuturnya.

Pembukaan diawali dengan pawai ta'aruf perwakilan peserta dari 34 provinsi dengan menaiki andong. Sekitar 550 siswa madrasah juga menampilkan tari kolosal Indonesia Love Madrasah yang dibina oleh seniman Didik Nini Thowok. Peserta juga dihibur oleh Emha Ainun Nadjib dengan musik Kiai Kanjeng dan penampilan grup band Letto.

Dalam rangkaian Aksioma juga dilakukan tradisi tumpengan dengan menampilkan seribu nasi tumpeng Wiwit Agung Madrasah Tahfidz.Tumpeng ini menjadi simbol kahirnya program unggulan madrasah.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)