72 Anggota Banser Diajari Teknik Pengamanan Hingga Bela Negara

Minggu, 23 Juli 2017 - 14:22 WIB
72 Anggota Banser Diajari...
72 Anggota Banser Diajari Teknik Pengamanan Hingga Bela Negara
A A A
SEMARANG - Puluhan kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser Angkatan X yang digelar Banser Kota Semarang di Medan Drill Tempur Kodam IV/Diponegoro, Meteseh Tembalang Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2017).

Komandan Banser Kota Semarang, Suharmanto menjelaskan, kaderisasi sebanyak 72 anggota Banser melalui Diklatsar ini dilakukan setiap tahun sekali untuk penanaman sikap disiplin, setia pada NKRI, memahami ke-Banser-an, Ke-NU-an, Aswaja, dan hal-hal yang melandasi semangat cinta Tanah Air, bela negara, tertib hukum dan kemampuan pengamanan, bela negara hingga bela diri.

“Diklatsar Banser kami gelar selama tiga hari sejak Kamis (20/7) yang dibuka Ketua PC NU Kota Semarang KH Annasom dihadiri Ketua DPRD Kota Semarang H Supriyadi, para kyai dan perwakilan perwira dari Kodim 0733 BS dan Polrestabes Semarang,” ungkapnya.

Menurutnya, penyelenggaraan Diklatsar X ini bertujuan agar Ansor memiliki anggota Banser yang bermental dan karakter Pancasilais dan setia kepada NKRI. “Kami senantiasa menanamkan sikap-sikap cinta Tanah Air, karena cinta Tanah Air merupakan bagian dari iman,” imbuhnya.

Karena itu, melalui Diklatsar ini pihaknya meneguhkan komitmen menjaga Pancasila demi keutuhan NKRI yang tercinta. Sementara, pemateri Nugroho S Budi menekankan pentingnya seluruh komponen bangsa, termasuk Banser membangun komitmen kebersamaan.

“Pancasila yang telah dirumuskan oleh para pendahulu harus diyakini sebagai alat pemersatu dalam meraih cita-cita menjadi bangsa yang berdaulat secara adil dalam meraih kemakmuran,” kata Nugroho.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)