PLTS Tak Berfungsi, Warga Pulau Terluar Maluku Hidup Tanpa Listrik

Rabu, 19 Juli 2017 - 17:31 WIB
PLTS Tak Berfungsi, Warga Pulau Terluar Maluku Hidup Tanpa Listrik
PLTS Tak Berfungsi, Warga Pulau Terluar Maluku Hidup Tanpa Listrik
A A A
KEPULAUAN ARU - Warga di Desa Beltubur, Kecamatan Aru Selatan Timur, Kepulauan Aru, Maluku, terpaksa hidup dalam kegelapan tanpa diterangi listrik. Kondisi ini terjadi lantaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun di kawasan itu tidak berfungsi sejak tahun 2016.

Kondisi di kampung Beltubur, Aru Selatan Timur sangat memprihatinkan. Warga terpaksa menjalani aktivitasnya tanpa listrik. Mereka berharap proyek PLTS terpusat off grid gelombang 2 yang dibangun di kampung mereka segera difungsikan.

Untuk diketahui, PLTS berkapasitas sebesar 30 KWP ini merupakan proyek terbaru Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam konservasi energi di pulau-pulau terluar, termasuk di Maluku.

Sejak dibangun pada 2016 lalu, infratruktur PLTS berupa kontener yang dilengkapi beberapa feling kabinet dan tiga panel surya ini tak kunjung difungsikan. Padahal, sesuai rencananya, PLTS ini akan melayani warga sekitar.

Iliester Althu, warga Beltubur mengatakan, sistem jaringan dan instalasi listrik telah terpasang di setiap rumah, namun pascaproyek ini dikerjakan hingga kini belum juga berfungsi.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9662 seconds (0.1#10.140)