Tengku Erry Tunjuk Ibnu Hutomo Jadi Plt Sekdaprovsu

Selasa, 04 Juli 2017 - 02:34 WIB
Tengku Erry Tunjuk Ibnu Hutomo Jadi Plt Sekdaprovsu
Tengku Erry Tunjuk Ibnu Hutomo Jadi Plt Sekdaprovsu
A A A
MEDAN - Pasca berakhirnya jabatan Sekdaprovsu Hasban Ritonga pada (1/7), maka Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi, mengangkat asisten ekonomi pembangunan (ekbang) Provsu, Ibnu Hutomo sebagai Plt Sekdaprovsu.

“Saya sudah menunjuk bapak Ibnu Hutomo sebagai Plt Sekdaprovsu, sampai nanti ada Sekda defenitifnya,” ujar Tengku Erry kepada wartawan di Medan, Senin (3/7/2017).

Ibnu Utomo sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provsu, selain itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Pembangunan Provsu.

Erry terkesan enggan memaparkan apa alasan memilih Ibnu sebagai Plt Sekdaprovsu, sebab sebelumnya nama Ibnu tidak pernah mencuat menjadi bakal calon Sekdaprovsu. Namun dalam acara pelepasan masa purna bakti Hasban Ritonga yang digelar bersamaan dengan acara Halal Bihalal di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprovsu di Rumas Dinas Gubsu, Erry menyebutkan kalau dirinya berharap Sekda yang baru dapat seperti Hasban Ritonga.

Erry mengakui kalau dirinya sulit menjelaskan dengan kata-kata karena begitu banyak yang sudah diperbuat Hasban bagi Pemprov Sumut. Selama dua tahun ini, dinilainya Hasban telah berhasil ikut mengawal Pemprov Sumut melewati masa turbulensi. Erry mengistilahkan masa sulit yang dilewati Pemprovsu seperti pesawat terbang yang menghadapi badai atau kondisi turbulensi.

Kami tahu, kata Erry, banyak tugas yang harus dilaksanakan ketika Sumut berada dalam kondisi turbulensi. Dengan kerja sama yang baik antara Sekda dan jajaran staf, Erry mengaku berhasil melewati goncangan tersebut dengan cukup baik.

"Terus terang saya masih menginginkan Pak Hasban bersama dengan kita, tapi memang kondisi hari ini berbeda dengan kondisi masa sebelumnya dan memang harus diakhiri," kata Erry.

Kata dia, Hasban termasuk orang yang berbahagia karena tujuan sebagai ASN sudah tercapai, yaitu bisa mengakhiri masa tugas dengan selamat, mengakhiri masa bakti dengan kebahagiaan. "Selamat jalan Pak Hasban, kami harap Pak Hasban tetap perhatikan Provinsi Sumut, saya harap masih bisa memperhatikan jajaran ASN yang ada. Dan saya masih memberi amanah di berbagai tempat termasuk panitia seleksi," kata Erry lagi.

Dikatakan Erry, gaya kepemimpinan Hasban Ritonga selama ini termasuk dalam kriteria pihaknya dalam mencari pengganti Sekda. "Yang bisa gantikan Pak Hasban sebagai Sekda defenitif, harus penuhi kriteria yang dicontohkan Pak Hasban yaitu mengayomi, mejadi panutan, dan bersifat santun sekaligus tegas serta mampu menjaga hubungan yang baik dengan lingkungan internal maupun eksternal," jelas Erry sembari menambahkan kriteria lainnya yakni berprestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela.

Di tempat yang sama, Hasban Ritonga tetap berharap jalinan silahturahim antara jajaran Pemprov Sumut tetap dilanjutkan meski dirinya sudah masuki masa purna bakti. Dia juga memohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan selama bertugas.

"Kelemahan saya dan kesalahan saya sangat banyak. Saya hamba yang lemah, mungkin saya lambat, saya melakukan kesalahan, harapan saya tolong dimaafkan," kata Hasban.

Di tempat terpisah, Pengamat Pemerintahan dari UMSU Rio Affandi Siregar mengatakan, seharusnya Gubsu segera memilih dan menetapkan Sekdaprovsu yang baru. Sebab dengan status Plt Sekda tentu akan banyak keterbatasan termasuk dalam hal pengambilan kebijakan.
Oleh karena itulah diharapkannya agar Gubsu dapat segera melantik Sekda defenitif.

“Harapan kita Gubsu segera memutuskan dari pejabat senior yang ada di jajaran Pemprovsu untuk menjadi Sekda defenitif, sehingga roda pemerintahan di Sumut tidak terganggu. Kita juga berharap keberadaan Sekda defenitif ini juga benar-benar pejabat yang kapabel dan kompeten bukan karena adanya kepentingan yang lain-lain,” terang Rio.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)