Obama Bakal Ikut Lomba Jemparingan di Candi Prambanan, Berhadiah Sepeda

Rabu, 28 Juni 2017 - 22:12 WIB
Obama Bakal Ikut Lomba Jemparingan di Candi Prambanan, Berhadiah Sepeda
Obama Bakal Ikut Lomba Jemparingan di Candi Prambanan, Berhadiah Sepeda
A A A
YOGYAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama berpeluang untuk ikut dalam kejuaraan jemparingan atau memanah tradisional gaya mataram di Komplek Candi Prambanan. Panitia menyediakan hadiah utama, berupa satu buah sepeda onthel.

“Jemparingan ini menjadi salah satu wahana untuk menarik wisatawan ke Candi Prambanan,” ujar General Manager Taman wisata Candi Prambanan, Pujo Suwarno.

Wahana ini terbuka dan bisa diikuti oleh wisatawan. Termasuk mantan Presiden Amerika yang rencananya akan datang di Candi Prambanan, pada Kamis (29/6/2017) besok.

Jemparingan sendiri merupakan olahraga memanah dengan sasaran sebuah bandul yang digantung. Jika mengenai sasaran yang ada, akan berhak mendapatkan sebuah sepeda onthel dari panitia. “Mungkin saja, Obama akan maendapat sepeda hadiah jemparingan,” tuturnya. Obama sendiri akan didampingi oleh tim arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

Seperti kunjungan pada biasanya, nanti akan dijelaskan mengenai sejarah candi, pemugaran dari waktu ke waktu sampai dengan kejadian gempa bumi 2006 silam. Bahkan masih ada satu buah mustoko yang masih dibiarkan berada di tanah karena terjatuh saat gempa. Ini menjadi bagian monumen gempa yang cukup menarik bagi wisatawan.

Secara umum kondisi candi dalam kondisi baik dan siap untuk diakses wisatawan termasuk Obama. Tiga candi induk Siwa, Brahma, dan Wisnu maupun candi Wahana (depan candi induk) yang melambangkan kendaraan para dewa seperti Candi Nandi, Angsa, dan Garuda juga tidak ada masalah.

“Tidak ada persiapan khusus, nanti akan kita jelaskan latar belakang sampai kondisi saat ini,” kata Kepala Unit Candi Prambanan BPCB DIY Manggarsari Ayuwati.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6419 seconds (0.1#10.140)