Candi Prambanan Siapkan Tiga Arkeolog untuk Dampingi Obama

Rabu, 28 Juni 2017 - 17:57 WIB
Candi Prambanan Siapkan Tiga Arkeolog untuk Dampingi Obama
Candi Prambanan Siapkan Tiga Arkeolog untuk Dampingi Obama
A A A
YOGYAKARTA - Taman wisata Candi Prambanan menyiapkan tiga arkeolog yang akan mendampingi kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Yogyakarta. Mereka adalah arkeolog senior yang sudah sering mendampingi tamu negara dan menguasai sejarah dan latarbelakang hingga kondisi candi saat ini.

Tiga arkeolog ini berasal dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta. Mereka adalah Pelaksana Tugas Kepala BPCB DIY Ari Setyastuti, Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan Pemanfaatan BPCP DIY Wahyu Astuti, dan Kepala Unit Candi Prambaman BPCB DIY Manggarsari Ayuwati.

"Tidak ada persiapan khusus ini seperti ketika ada tamu biasa," ujar Manggar yang akan menjadi ketua tim pendamping saat dijumpai di kawasan Candi Prambanan, Rabu (28/6/2017).

Seperti kunjungan pada biasanya, nanti akan dijelaskan mengenai sejarah candi. Pemugaran dari waktu ke waktu sampai dengan kejadian gempa bumi 2006 silam.

Bahkan masih ada satu buah mustoko yang masih dibiarkan berada di tanah karena terjatuh saat gempa. Ini menjadi bagian monumen gempa yang culupenarik bagi wisatawan.

Secara umum kondisi candi dalam kondisi baik dan siap untuk diakses wisatawan termasuk Obama.Tiga candi induk Siwa, Brahma, dan Wisnu maupun candi Wahana (depan candi induk) yang melambangkan kendaraan para dewa seperti Candi Nandi, Angsa, dan Garuda juga tidak ada masalah. "Disana masih ada pemugaran untuk Candi Pawara (candi kecil kecil). Itu bisa dilihat," tutur Ari, arkeolog yang lain.

General Manager Taman wisata Candi Prambanan Pujo Suwarno mengaku belum ada pemberitahuan pasti kapan kunjungan Obama akan berkunjung ke Prambanan.

Mereka juga tidak memiliki persiapan khusus meskipun sempat ada koordinasi dalam kaitan pengamanan. "Tidak ada persiapan, kami juga masih menunggu kapan akan datang," ujar Pujo.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6029 seconds (0.1#10.140)