Petugas Gabungan Periksa Kelaikan Bus dan Kesehatan Pengemudi

Kamis, 15 Juni 2017 - 15:00 WIB
Petugas Gabungan Periksa Kelaikan Bus dan Kesehatan Pengemudi
Petugas Gabungan Periksa Kelaikan Bus dan Kesehatan Pengemudi
A A A
MAGELANG - Petugas gabungan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sejumlah kru bus maupun kelaikan armada di Terminal Secang, Kabupaten Magelang, Kamis (15/6/2017). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan keselamatan para penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran.

Dalam pemeriksaan kesehatan maupun kelengkapan surat-surat serta kelaikan jalan armada tersebut melibatkan personel dari Satlantas Polres Magelang, Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah. Dalam pemeriksaan tersebut, petugas mendapati bus yang memakai ban vulkanisir dan yang lampu rating mati. Sedangkan bus yang memakai ban vulkanisir ditilang.

Untuk pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi meliputi tensi darah dan tes urine yang dilakukan personel Dokkes Polres Magelang. Sari pemeriksaan tes urine tersebut diketahui hasilnya negatif, tidak ada sopir yang terindikasi narkoba.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Wahyu Haryoko mengatakan, pemeriksaan serupa sebelumnya telah dilakukan di wilayah Salam kurang lebih 60 kru. Kemudian, nantinya selain di Terminal Secang, juga akan dilangsungkan di Terminal Salaman.

“Kami melakukan pemeriksaan kelaikan armada terutama fungsi rem. Kami tidak memberikan toleransi soal rem. Kemudian, juga pemecah kaca sekarang wajib ada minimal ada 2,” kata Wahyu di sela-sela Operasi Gabungan Persiapan Angkutan Lebaran 2017 di Terminal Secang, Kabupaten Magelang.

Menurut dia, selain melakukan pemeriksaan bus di sejumlah terminal, juga diterjunkan tim menuju pool masing-masing bus. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kelaikan jalan bus untuk mengangkut penumpang arus mudik dan balik Lebaran.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Polres Magelang Iptu Juminten menambahkan, pemeriksaan tersebut meliputi surat-surat kelengkapan kendaraan, kesehatan, pemecah kaca dan ban benar-benar baik. Diharapkan dengan adanya pemeriksaan tersebut, mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5456 seconds (0.1#10.140)