Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Wartawati oleh Suami

Kamis, 13 April 2017 - 08:51 WIB
Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Wartawati oleh Suami
Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Wartawati oleh Suami
A A A
PALU - Penyidik Reskrim Polres Palu di Sulawesi Tengah menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan seorang wartawati bernama Maria Yeane Agustiati atau Maria Amanda, Kamis (13/4/2017). Korban dibunuh oleh suaminya sendiri.

Demi pertimbangan keamanan, reka ulang tersebut sengaja dilaksanakan di Mapolres Palu , bukan di tempat kejadian perkara di indekos korban Jalan Tanjung Manimbaya IV, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Reka ulang yang mendapat pengawalan ketat dari polisi bersenjata lengkap itu disaksikan sejumlah keluarga tersangka dan korban, para kerabat korban, dan warga Kota Palu.

Kasat Reskrim Polres Palu AKP Willian Harbensyah mengatakan, sebanyak 69 adegan diperagakan tersangka Yohanes Sandipu, yang tak lain adalah suami korban.

Adegan demi adegan sudah yang dilakukan itu, sebelumnya telah dikonfirmasi kepada tersangka, saksi, jaksa dan juga penasehat hukum tersangka. Pelaku
mulai menghabisi korban Maria Amanda, mulai pada adegan ke-40.

"Proses reka ulang ini akhirnya berjalan lancar. Yang mana semua adegan sesuai dengan keterangan tersangka, saksi, termasuk JPU dan pengacara. Tidak ada yang komplain, jadi tidak ada masalah,” kata Willian

sejauh ini penyidik menjerat tersangka Yohanes dengan pasal berlapis yakni Pasal 44 ayat 3 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga junto Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, dan Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang Penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap tersangka Yohanes Sandipu di sebuah kandang ayam rumah keluarganya di Desa Bega, Kelurahan Mapane, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sabtu (18/3/2017) malam sekitar pukul 23.00 WITA.

Tersangka Yohanes tak berdaya saat disergap aparat usai membunuh istrinya sendiri di Palu, Jumat (17/3/2017) pagi.

Saat itu juga dia mengaku, jika dirinyalah yang membunuh istrinya, sebab ingin membalas rasa sakit hati terhadap istrinya, akibat pertengkaran semalam di kamar indekosnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)