Taman Nasional di Riau Terbakar, 2 Hektar Lahan Ludes

Selasa, 11 April 2017 - 09:43 WIB
Taman Nasional di Riau...
Taman Nasional di Riau Terbakar, 2 Hektar Lahan Ludes
A A A
PEKANBARU - Kebakaran melanda Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang berada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau. Sedikitnya 2 hektar kawasan yang dilindungi negara ini ludes dilalap si jago merah.

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Riau Dian Indriati menjelaskan, bahwa kebakaran di kawasan konservasi itu sudah terjadi sejak kemarin.

"Sejak kemarin pemadaman dari berbagai instansi sudah melakukan pemadaman," ucap Dian Senin (10/4/2017).

Dia menjelaskan, bahwa hal yang menjadi kendala dalam memadamkan kebakaran di kawasan habitat satwa langka seperti gajah dan harimau karena lokasinya cukup jauh. "Medannya cukup jauh dan sumber air juga susah,"ucapnya lagi.

Namun setelah berjibaku, akhirnya tim dari taman nasional, TNI dan Polri berhasil memadamkan api. "Pemadaman akan dilanjutkan besok," ujarnya.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh memiliki luas 143.143 hektar yang terbentang dari Riau hingga Provinsi Jambi. Selain satwa langska seperti harimau, tapir, beruang orang utan dan spesies langka lainnya, taman nasional itu juga hidup dua suku pedalaman yakni Talang Mamak dan Orang Rimba.

Tidak jauh berbeda dengan kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dan kawasan konservasli lain di Riau, kondisi TNBT juga porak-poranda akibat pembalakan liar.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7051 seconds (0.1#10.140)