Ini Patung Macan Siliwangi di Koramil 1301/Ciamis

Senin, 10 April 2017 - 16:21 WIB
Ini Patung Macan Siliwangi di Koramil 1301/Ciamis
Ini Patung Macan Siliwangi di Koramil 1301/Ciamis
A A A
CIAMIS - Koramil 1301/Ciamis meresmikan patung macan Siliwangi yang dibangun di halaman kantor. Peresmian patung yang diklaim yang pertama di Jawa Barat ini dilakukan oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Slamet, Senin pagi (10/4/2017).

Danramil 1301 Ciamis Mayor Inf Ikeu Masrika menuturkan pembangunan patung macan Siliwangi ini perdana atas instruksi dari atasan, setelah patung macan di Cisewu, Garut. Sehingga ada perintah untuk segera diganti.

"Kebetulan kami belum punya patung macan, adapun yang ada sebelumnya ini pinjaman milik Pemda Ciamis yang dipindahkan dari Pendopo ke Koramil," ujarnya.

Menurut dia, di wilayah Kodim 0613/Ciamis ini yang membawahi Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran, peresmian patung ini yang pertama untuk kemudian akan menyusul ke beberapa Koramil di wilayah lainnya.

"Meskipun ini patung tetapi simbol untuk motivasi kami, agar tegar dan semangat, juga sangat namun hari tetap lembut. Patung Siliwangi ini membuktikan kami punya sejarah," ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Slamet menuturkan di dunia militer dimanapun itu biasanya memiliki simbol sebagai wujud kebanggaan satuan atau korps.

"Kami di Siliwangi ini miliki macan sebagai simbol kebanggaan. Tangguh, garang dan berwibawa. Sehingga ini untuk dikenang dan menjadi penyemangat. Juga bisa mewarisi sifat-sifat dari Prabu Siliwangi," katanya.

Kaitannya dengan patung macan di Cisewu, menurut Dandim hal itu menunjukan kepedulian masyarakat terhadap TNI. Sehingga memberikan masukan dan koreksi kepada TNI agar mengkoreksi hal tersebut.

"Melihat tidak garang tentu masyarakat yang peduli memberikan koreksi, jadi itu wujud kepedulian masyarakat Jawa Barat. Karena ini sebuah lambang perjuangan," tuturnya.

Untuk itu, TNI siap bekerjasama dengan masyarakat untuk membangun dan memperjuangkan guna menjaga NKRI.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3817 seconds (0.1#10.140)