Almira Elmida Kustari: Edukasi Mitigasi Bencana Perlu Digencarkan

Rabu, 05 April 2017 - 07:30 WIB
Almira Elmida Kustari: Edukasi Mitigasi Bencana Perlu Digencarkan
Almira Elmida Kustari: Edukasi Mitigasi Bencana Perlu Digencarkan
A A A
YOGYAKARTA - Terlibat aktif dalam upaya edukasi mitigasi bencana alam menjadi pengalaman tersendiri bagi Almira Elmida Kustari. Terlebih, memang tak dipungkiri, aktivitas mitigasi bencana identik dilakoni oleh kaum pria.

Bagi dara berusia 23 tahun itu, keterlibatannya bisa mengikis pemahaman bahwa bukan hanya kaum pria yang bisa membagikan informasi terkait penanggulangan dan penanganan dampak bencana alam.

"Terlibat dalam edukasi mitigasi bencana alam bisa dilakukan oleh siapa pun, terutama di daerah yang berpotensi rawan bencana. Siapa yang memiliki pemahaman dan informasi akan mitigasi bisa dibagikan kepada masyarakat luas," kata Eldha, sapaan akrabnya.

Salah satu keterlibatan Eldha adalah saat mengikuti International Youth Conference di Kobe, Jepang sebagai peserta yang mempresentasikan action plan untuk menanggulangi bencana alam di Yogyakarta.

"Itu beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2013. Tapi pengalaman waktu itu sangat berguna hingga kini," ujarnya.

Penghobi travelling itu memang berkecimpung di kegiatan sosial. Bahkan, bersama teman-temannya, Eldha mendirikan organisasi yang fokus pada kegiatan peduli hutan mangrove.

Kegiatan di bidang sosial dan organisasi diakuinya sangat bermanfaat guna melengkapi kemampuan akademik. Tujuannya agar selepas menempuh pendidikan bisa siap terjun ke kehidupan bermasyarakat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4734 seconds (0.1#10.140)