Polisi Kembali 'Acak-acak' Kampung Petasan di Demak

Rabu, 05 April 2017 - 01:04 WIB
Polisi Kembali Acak-acak Kampung Petasan di Demak
Polisi Kembali 'Acak-acak' Kampung Petasan di Demak
A A A
DEMAK - Polisi kembali menggerebek sentra produksi petasan atau kampung petasan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Meski sebelumnya telah dilakukan penggerebekan, warga tak jera dan tetap memproduksi secara sembunyi-sembunyi.

Pada penggerebekan Selasa (4/4/2017) sore, polisi berhasil menyita belasan ribu petasan berbagai jenis yang akan diedarkan menjelang Lebaran Idul Fitri. Barang bukti itu diamankan dari seorang ibu rumah tangga bernama Sriyati (48).

"Petugas mengamankan petasan yang siap edar antara lain, jenis segitiga sebanyak dua dus berisi 2.000 biji. Untuk petasan cabai rawit ada tiga karung yang berisi 11.000 biji," kata Kabag Ops Polres Demak Kompol Sutomo.

Selain itu, dari kampung petasan tersebut polisi juga menemukan bahan-bahan pembuat petasan seperti barang kimia maupun kertas sebagai pembungkus. Biasanya, barang-barang berbahaya itu disembunyikan di belakang rumah atau lokasi yang dianggap aman dari razia polisi.

"Bahan baku petasan yang diamankan adalah selongsong petasan cabai rawit sebanyak tiga karung dan satu kardus. Ada pula sumbu dan tutup petasan dari gabus. Sementara bahan kimia berupa potasium kurang lebih 20 kilogram, belerang dua kilogram," jelasnya.

Polisi juga menyampaikan arahan kepada warga tentang bahaya petasan dan menyimpan bahan peledak di rumah. Untuk itu, warga diimbau tak lagi memproduksi petasan yang bakal digunakan sendiri maupun dijual.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9058 seconds (0.1#10.140)