Bendungan Irigasi Jebol, 80 Ton Ikan Nila Mati

Selasa, 04 April 2017 - 17:49 WIB
Bendungan Irigasi Jebol,...
Bendungan Irigasi Jebol, 80 Ton Ikan Nila Mati
A A A
MUSI RAWAS - Sekitar 80 ton ikan nila yang siap panen mati mendadak di kolam ikan air deras di Desa D Tegal Rejo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Selasa (4/4/17). Puluhan ton ikan tersebut mati akibat irigasi jebol tak mampu membendung tingginya debit air.

"Jebol sekitar pukul 01.00 WIB akibat air tinggi debit air. Jadi bangunan tembok tidak mampu menahan debit air," kata Kades D Tegal Rejo, Dodi Alvian.

Menurut Dodi kolam milik Suryadi yang dikontrakan kepada Ali seluas seperempat hektare. Ikan-ikan tersebut dua hari lagi segera akan dipanen. Akibat banyak ikan mati dikolam air deras tersebut, Dodi memperkirakan kerugian ditaksir cukup besar.

"Dua hari lagi mau panen itu, ukurannya sudah besar-besar semua. Rata-rata ikan nila, sebagian lagi ikan emas. Ditaksir 80 ton ikan mati di dalam kolam itu. Sekarang saja harga ikan normalnya Rp28.000 per kilogram," bebernya.

Dodi menambahkan, jebolnya bendungan irigasi berdampak pula dengan sejumlah kolam air deras yang berada diwilayah bawah. Di lokasi kolam, sejumlah warga berbondong-bondong datang untuk melihat ikan-ikan yang mati.

Bahkan ada sejumlah warga yang datang untuk mengambil ikan dari dalam kolam dan memasukan ke dalam karung. Ada pula warga yang sengaja datang dengan membawa mobil pickup untuk mengangkut ikan dari kolam langsung.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1401 seconds (0.1#10.140)