Longsor Ponorogo, Kemensos Buka Dapur Umum dan Bantu Evakuasi

Sabtu, 01 April 2017 - 19:39 WIB
Longsor Ponorogo, Kemensos Buka Dapur Umum dan Bantu Evakuasi
Longsor Ponorogo, Kemensos Buka Dapur Umum dan Bantu Evakuasi
A A A
JAKARTA - Tim dari Kementerian Sosial RI langsung terjun ke lokasi longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (1/4/2017) pagi.

"Kementerian Sosial melalui pilar Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berjumlah 40 orang dan tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Ngebel telah membuka dapur umum lapangan dan ikut melakukan evakuasi korban yang masih tertimpa longsor," jelas Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI Adhy Karyono dalam rilis yang diterima SINDOnews, Sabtu (1/4/2017).

Adhy mengatakan, akan ada tambahan personel Tagana yang sedang bergerak dari Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Malang.

Menurut Adhy, data sementara sebanyak 32 rumah yang tertimbun tanah longsor dan 29 orang hilang. Adhy menjelaskan, longsor yang berasal dari tebing ketinggian 100 meter menimbun rumah warga Desa Banaran sekitar pukul 07.40. Pusat kejadian longsor berada di RT 01 RW 01 Dukuh Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Menurut data BPBD Kabupaten Ponorogo, tiga minggu yang lalu diketahui bahwa lokasi kejadian sudah mengalami retakan kurang lebih 30 cm. Retakan tersebut berangsur-angsur mengalami penambahan turunan menjadi sembilan meter pada satu minggu kemudian dan 15 meter dalam tiga minggu kemudian, hingga kemarin tanggal 31 Maret 2017 menjadi 20 meter.

Selanjutnya, beberapa hari terakhir lokasi diguyur hujan lebat. Terakhir hujan terjadi pada Jumat (31/3/2017) sore. Sehari setelahnya atau pagi hari tadi terjadi longsor.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)