Jelang Hari Raya Nyepi, Ratusan Siswa PAUD Arak Ogoh-Ogoh Keliling Kota Denpasar

Sabtu, 18 Maret 2017 - 15:21 WIB
Jelang Hari Raya Nyepi,...
Jelang Hari Raya Nyepi, Ratusan Siswa PAUD Arak Ogoh-Ogoh Keliling Kota Denpasar
A A A
DENPASAR - Menyambut hari suci Nyepi Tahun Baru Caka 1939, ratusan siswa dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengarak ogoh-ogoh kelliling Kota Denpasar, Sabtu (18/3/2017). Sedikitnya, ada 300 anak mengarak sebanyak 60 ogoh-ogoh berbagai bentuk dan ukuran.

Siswa PAUD se-Kota Denpasar dengan mengenakan pakaian adat Bali terlihat sangat antusias mengikuti parade ogoh-ogoh yang dibuka dan dilepas langsung oleh Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara. Suasana parade gamelan semakin semarak dengan iringan alunan gamelan Bali yang dibawakan anak-anak berusia 4-6 tahun.

“Kegiatan pawai ogoh-ogoh ini diadakan setiap tahun untuk menanamkan nilai mencintai budaya kepada anak-anak dan mengembangkan kreativitas sejak dini. Selain itu, anak-anak juga bisa bersosialisasi, sehingga mereka memiliki kepribadian melalui pengenalan budaya sedini mungkin," kata IGN Jaya Negara.

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Denpasar, Ni Made Aryaningsih mengatakan, tujuan dari parade ogoh-ogoh ini untuk memupuk rasa cinta seni budaya sejak dini serta memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang makna perayaan Hari Suci Nyepi. Peserta yang mengikuti parade ogoh-ogoh kali ini dari beberapa gugus yang tersebar di empat kecamatan se-Kota Denpasar.

"Kami memberikan mereka kesempatan untuk mengenal budaya Bali sejak dini. Baik dalam kegiatan perayaan Hari Suci Nyepi, maupun memberikan ruang kreativitas lewat kegiatan budaya lainnya," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5690 seconds (0.1#10.140)