Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Dikepung Banjir

Kamis, 02 Maret 2017 - 10:57 WIB
Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Dikepung Banjir
Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Dikepung Banjir
A A A
BANDUNG - Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Bandung dikepung banjir dalam beberapa hari terakhir. Ketiga kecamatan itu adalah Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. Hingga tadi malam, tercatat banjir masih terjadi di daerah-daerah itu.

Ketinggian banjir pun beragam, mulai dari 30 sentimeter hingga lebih dari 1,8 meter. Ribuan rumah terendam dan jumlah pengungsi lebih dari 1.000 orang yang tersebar di berbagai lokasi.

"Total keseluruhan pengungsi di Kecamatan Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan Baleendah 344 KK atau 1.152 jiwa," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jawa Barat Budi Budiman, Kamis (2/3/2017).

Dari jumlah itu, terdapat 73 lansia, 69 balita, lima ibu hamil, satu ibu menyusui, dan dua orang yang sedang sakit. Titik pengungsian di Dayeuhkolot di antaranya ada di Masjid Al Amanah Palasari, Aula Desa Dayeuhkolot, Aula Kecamatan Dayeuhkolot, dan Masjid As-Shofia.

Di Bojongsoang, pengungsi di antaranya ditempatkan di Gudang Tanggo dan Posyandu RW 10. Sementara, titik pengungsian di Baleendah di antaranya di Gedung Inkanas, GOR Kelurahan Baleendah, dan Masjid Nurul Huda.

Banjir di tiga kecamatan itu merupakan banjir 'langganan' yang hampir selalu terjadi setiap musim hujan. Banjir diakibatkan meluapnya Sungai Citarum dan anak Sungai Citarum yang tersebar di sekitar kawasan tersebut.

Upaya pengerukan dan normalisasi Sungai Citarum sudah beberapa kali dilakukan. Tapi, banjir tetap kerap terjadi saat musim hujan tiba.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6546 seconds (0.1#10.140)