Sambut Kehadiran Bandara NYIA, Pemkab Kulonprogo Gelar Latih Kerja

Selasa, 28 Februari 2017 - 20:55 WIB
Sambut Kehadiran Bandara NYIA, Pemkab Kulonprogo Gelar Latih Kerja
Sambut Kehadiran Bandara NYIA, Pemkab Kulonprogo Gelar Latih Kerja
A A A
YOGYAKARTA - Pemkab Kulonprogo menyiapkan 27 paket pelatihan gratis untuk masyarakat agar memiliki keterampilan. Program ini diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, khususnya menghadapi kehadiran bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Eko Wisnu Wardhana mengatakan, pada 2017 setidaknya ada 27 paket pelatihan yang bisa diikuti. Empat paket didanai dari APBD Kulonprogo dan selebihnya dengan APBN.

Setiap paketnya ada 16 siswa dengan kurun waktu pelatihan sekitar satu bulan. Bagi peserta yang lulus juga akan menjalani uji kompetensi dan diberikan sertifikat agar dapat digunakan melamar pekerjaan.

“Program pelatihan ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. Program untuk memberikan modal kemampuan dan keterampilan bagi warga yang akan bekerja ataupun membuka usaha. Ini untuk meningkatkan kompensi tenaga kerja dan membekali yang ingin berwirausaha,” katanya, Selasa (28/2/2017).

Program yang dilaksanakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) ini cukup diminati masyarakat. Mereka harus melakukan seleksi, karena kuota setiap programnya sangat terbatas, seperti pelatihan desain grafis, tata boga, ataupun las lanjutan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6235 seconds (0.1#10.140)