Buron Setahun, Begal Ini Biasa Habisi Korban Pakai Palu

Kamis, 16 Februari 2017 - 13:40 WIB
Buron Setahun, Begal Ini Biasa Habisi Korban Pakai Palu
Buron Setahun, Begal Ini Biasa Habisi Korban Pakai Palu
A A A
BANJARMASIN - Setelah buron hampir selama setahun, seorang pelaku pencurian dengan kekerasan, Jainal (58), akhirnya diringkus petugas gabungan Ditreskrium Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Jainal selama ini dikenal sebagai begal yang sadis karena sudah 17 kali beraksi dan tega menghabisi korbannya pakai palu.

Kapolda Kalsel, Brigjen Polisi Erwin Triwanto mengatakan, saat beraksi pelaku kerap melukai korbannya dengan palu seberat lebih dari 5 kilogram (Kg). Bahkan, seorang korban tewas akibat dipukul palu oleh pelaku. “Pelaku ditangkap di Balikpapan, Rabu 15 Februari 2017 dini hari. Pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan karena berusaha kabur,” kata Erwin, Kamis (16/2/2017).

Selain meringkus pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti, di antaranya dua palu yang biasa digunakan pelaku melukai korban. Selain itu, disita uang Rp34 Juta, berbagai perhiasan emas milik korban, mobil Toyota Rush yang dibeli pelaku dari uang hasil kejahatan.

Menurut Erwin, sejak 2016 pelaku tercatat sudah 17 kali beraksi di Kalsel dan Kaltim. Di Kalsel, pelaku beraksi lima kali dan di Kaltim tercatat tiga kali. Dalam setiap aksinya, lelaki asal Jalan MT Hariono RT 30 Blok A Kelurahan Damai, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) ini, berpura-pura menjadi sales.

Kebanyakan, sasarannya perempuan yang mengenakan perhiasan emas mencolok. Saat ada kesempatan, pelaku memukulkan palu ke kepala korbannya dari belakang. Atas perbuatannya, pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6017 seconds (0.1#10.140)