Warga Binaan Lapas Ciamis Panen Cabai Merah

Selasa, 14 Februari 2017 - 12:55 WIB
Warga Binaan Lapas Ciamis Panen Cabai Merah
Warga Binaan Lapas Ciamis Panen Cabai Merah
A A A
CIAMIS - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis panen cabai merah perdana di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Selasa (14/2/2017). Diperkirakan hasil panen cabai merah perdana ini sebanyak 1 ton.

Cabai tersebut ditanam dan dirawat oleh 6 warga binaan Lapas Ciamis dalam program asimilasi open camp. Tanah milik Pemerintah Desa Cijeungjing yang diberdayakan oleh Lapas Ciamis ini seluas 110 bata.

Warga Binaan Lapas Ciamis Panen Cabai Merah

Pohon cabai merah yang ditanam mencapai 1.000 pohon, sehingga hasil panen diperkirakan mencapai 1 ton setelah masa tanam selama kurang lebih 80 hari sejak tanggal 20 Nopember 2016. Dalam penanamannya juga melibatkan dan konsultasi dengan ahli pertanian, sehingga hasil yang diperoleh cukup memuaskan.

Cabai merah tersebut terlihat cukup segar untuk dijual ke pasar dan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Panen cabai merah perdana ini hasil program asimilasi di Lapas Ciamis. Memang ini yang pertama kali dilakukan pembinaan dengan bercocok tanam," ujar Kalapas Kelas II B Ciamis Gumilar Budi Rahayu.

Seorang warga binaan Lapas Ciamis, Yusuf mengaku, senang dengan program open camp berupa bercocok tanam cabai merah. Dia berharap pengetahuannya ini dapat dijadikan sebagai mata pencaharian setelah keluar dari Lapas.

"Setelah keluar dari lapas akan mencoba untuk menanam cabai. Sudah ada bekal cara-cara bertanam," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4853 seconds (0.1#10.140)